RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
: SMPN 160 Jakarta
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: VIII / 2
|
Materi Pokok
|
: Teks Ulasan
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x Pertemuan (8 JP)
|
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.11 Mengidentifikasi informasi pada
teks ulasan tentang
kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel,
karya
seni daerah) yang dibaca
atau
diperdengarkan.
|
3.11.1 Memahami maksud/arti
penting teks
ulasan
3.11.2 Menentukan macam-macam
teks
ulasan
berdasarkan isinya.
|
4.11 Menceritakan kembali isi teks
ulasan tentang kualitas
karya
(film, cerpen, puisi,
novel,
karya seni daerah) yang
dibaca atau didengar
|
4.11.1 Menuliskan kelebihan dan
kekurangan
teks ulasan
4.11.2 Mengungkapkan kelebihan
dan
kekurangan
teks ulasan
|
3.12 Menelaah struktur dan
kebahasaan
teks ulasan (film,
cerpen,
puisi, novel, karya seni
daerah)
yang diperdengarkan dan
dibaca.
|
3.12.1 Memahami struktur teks ulasan
3.12.2 Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan
3.12.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan
|
4.12 Menyajikan tanggapan
tentang
kualitas
karya (film, cerpen, puisi,
novel,
karya seni daerah, dll.)
dalam
bentuk teks ulasan secara
lisan
dan tulis dengan
memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan, atau aspek
lisan.
|
4.12.1 Menyusun struktur teks
ulasan
secara
urut
4.12.2 Menulis teks ulasan
berdasarkan
novel
“Sang Pemimpi” dengan
memperhatikan
struktur, unsur
kebahasaan
teks ulasan.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah membaca teks ulasan,
peserta didik dapat:
1. Memahami maksud/arti penting teks ulasan
2. Menentukan macam-macam teks ulasan berdasarkan isinya.
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
- Cermat
- Teliti
Pertemuan Kedua
Setelah membaca teks ulasan,
peserta didik dapat:
1. Menuliskan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
2. Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
- Cermat
- Teliti
- Percaya diri
- Kreatifitas membaca
Pertemuan Ketiga
Setelah mengamati gambar suatu
objek wisata , peserta didik dapat:
1. Memahami struktur teks ulasan
2. Memahami ciri-ciri bahasa teks ulasan
3. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ulasan
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
- Cermat
- Teliti
- Percaya diri
- Santun
Pertemuan Keempat
Setelah mengamati gambar suatu
objek wisata , peserta didik dapat:
1. Menyusun struktur teks ulasan secara
urut
2. Menulis teks ulasan berdasarkan novel “.............”
dengan memperhatikan struktur,
unsur kebahasaan
teks ulasan.
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
- Tanggung jawab
- Percaya diri
- Jujur
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
(1) Faktual
EMAK DAN SEPOTONG ROTI
Karya. Caswati
Emak
dan Sepotong Roti merupakan salah satu judul hasil karya sastra Caswati, yang
berupa cerpen. Cerpen karangan mahasiswi jurusan satra di UGM ini menceritakan
tentang kisah perjuangan seorang Emak dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.
Ia rela melakukan pekerjaan berat demi menyekolahkan kedua putinya, Dani dan
Dina. Cerpen tersebut dikarangnya saat mengikuti lomba dalam rangka bulan
bahasa dan sastra yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional
Pusat Balai Bahasa Yogyakarta pada tahun 2007.
Cerita
dalam cerpen ini diawali dengan peristiwa kemarau berkepanjangan yang melanda
sebuah desa. Kemarau itu mengakibatkan lahan persawahan dan sungai sumber
mata air penduduk desa mengering. Keadaan itu membuat sebagian warga
meninggalkan sungai tersebut. Namun beda halnya dengan Emak, ia justru sering
mendatangi sungai itu untuk mengumpulkan batu. Sejak suaminya meninggal empat
tahun yang lalu, ia harus melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar demi menyambung
hidupnya dan menyekolahkan kedua putrinya, Dani dan Dina. Ia tidak ingin
anaknya bernasib sama sepertinya
Tapi Emak sedikit beruntung, karena Dani, putri sulungnya selalu membantunya, meski hanya di hari minggu saja, sebab sore hari ia baru pulang sekolah. Namun suatu hari minggu, saat Dani hendak membantu, tidak seperti biasanya, Emak menolak bantuaanya dan menyuruhya untuk pulang. Meski merasa agak aneh, Dani dan Dina bergegas pergi meninggalkan Emak. Tapi belum lama melangkah, mereka mendengar suara jeritan Emak yang tangan kirinya penuh dengan darah akibat terkena palu. Sejak saat itu, Emak tak lagi bisa bekerja dan jadi sangat pendiam. Dani ingin membawa Emak berobat dengan uang sisa hasil penjualan batu, namun Emak selau menolak. Dani pun menuruti kata Emak, ia merawatnya dengan penuh kasih sayang. Suatu hari saat Dani berulang tahun, Emak memberinya kejutan sebuah roti tart yang sederhana. Sebelumnya Emak berkata pada Dina agar memberitahu Dani untuk membangunkannya setelah dia pulang. Dani pun langsung membangunkan Emaknya. Namun Emak tak bangun juga. Wajah pucat Emak membuat Dani tersadar kalau ia baru saja kehilangan sesuatu yang sangat berharga. Sementara Dina hanya memandangi keduanya dengan wajah polosnya.
Cerpen
karangan gadis kelahiran 23 September 1989 ini tersusun sangat runtut,
sehingga pembaca lebih mudah memhami isinya. Selain itu, kosakata yang
digunakan dapat membuat pembaca terlarut dalam cerita. Serta, alu ceritanya
yang unik dan berbeda dengan cerpen-cerpen zaman sekarang yang biasanya
berisi tentang kisah cinta remaja.
Namun sayangnya, ada beberapa kata yang tak baku dalam cerpen tersebut. Seperti kata gedheg yang seharusnya diganti dengan kata lain dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti sama. Sebab, tidak semua pembaca mengetahui apa arti kata tersebut, dan pasti akan terasa lebih enak dibaca.
Tetapi,
dengan mengesampingkan kekurangan tersebut, cerpen ini sangatlah cocok untuk
remaja Indonesia. Sebab, di dalamnya terkandung banyak pesan yang bermakna,
yang dapat memotivasi kita agar semangat menjalani hidup, bersyukur atas
segala pemberiaan Tuhan, berbakti kepada orang tua, dan bekerja keras untuk
mewujudkan sesuatu yang kita inginkan.
|
(2) Konsep
a. Pengertian teks ulasan
b. Ciri isi teks ulasan
c. Ciri-ciri penggunaan bahasa teks ulasan
- Kata sifat sikap
- Kata bermetafora
- Kata rujukan
- Variasi kalimat majemuk
d. Jenis teks ulasan
Pertemuan Kedua
(1) Faktual
SURAT KECIL UNTUK TUHAN
Karya. Agnes Danovar
Surat Kecil
untuk Tuhan merupakan salah satu judul hasil karya sastra Agnes Danovar, yang
berupa novel. Novel ini mengisahkan ulang cerita pilu seorang gadis bernama
Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika. Ia terkena penyakit yang terbilang langka
bernama Rabdosmiosarkoma atau yang dalam bahasa awam dikenal dengan nama
kanker jaringan lunak. Keke sendiri merupakan pasien pertama di Indonesia
yang terdeteksi terkena penyakit tersebut. Hal ini yang menjadikan kisahnya
sangat menggugah.
Novel
ini menceritakan Keke, seorang gadis yang cukup beruntung, karena lahir dari
keluarga yang sangat berada, memiliki dua orang kakak laki-laki yang bernama
Chika dan Kiki, orang tua yang sangat menyayanginya walau sudah bercerai, dan
juga Pak Yus, ajudan sang Ayah. Selain itu Keke juga dikelilingi enam sahabat
karib yang selalu setia menemaninya dan hidupnya pun semakin lengkap dengan
kehadiran seorang kekasih yang juga begitu menyayanginya, yaitu Andy.
Pada tahun 2003 kanker Rhabdomyosarcoma menghinggapinya, Keke merupakan pengidap pertama di Indonesia. Gadis cantik itu pun berubah menjadi "monster" hingga terpaksa harus menjalani serangkaian kemoterapi dan radiasi hampir setahun lamanya, akibatnya, semua rambut Keke sedikit demi sedikit mulai rontok, kulitnya mengering, dan sering mual-mual. Ketekunan Keke dan keluarganya membuahkan hasil. Keke dinyatakan sembuh dan bisa kembali menjalani aktivitas seperti sedia kala. Setahun kemudian yaitu pada tahun 2004, kanker itu kembali, lebih parah dan mematikan. Meskipun sudah ditolak di rumah sakit mana-mana, ayah Keke tidak pernah sekali pun menyerah untuk menyembuhkan anaknya. Meskipun ratusan dokter memprediksi bahwa hidup Keke tidak akan lebih dari tiga bulan, Keke berhasil bertahan untuk lebih dari setahun. Meskipun pada akhirnya, Keke harus menerima kenyataan bahwa ia memang tidak dapat disembuhkan karena kanker itu sudah terlalu menyebar. Keke meninggal dunia pada tanggal 25 Desember 2006
Kelebihan
dari novel karya Agnes Danovar ini adalah dapat membuat pembaca terhanyut
dalam kisah yang diceritakan. Kelebihan lainnya adalah ini adalah kisah yang
diangkat dari kehidupan nyata dan sangat menyentuh. Novel ini juga
mengajarkan kita agar ikhlas dan tabah menerima cobaan dari Allah dan yakin
setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya.
Namun sayangnya masih ada penulisan yang salah dan juga ada penulisan yang kurang menarik dan sulit dimengerti. Sedangkan kelemahan yang dimiliki novel ini, di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
Tetapi,
dengan mengesampingkan kekurangan novel tersebut, cerpen ini yang mengajarkan
kita tentang arti kehidupan yang sebenarnya. Dalam menghadapi
sebuah cobaan seberat apapun itu, kita harus tetap berusaha untuk bangkit dan
tak menyerah.
|
(2) Konsep
a. Peta konsep teks ulasan kelebihan-kekurangan
b. Kebahasaan teks ulasan
(3) Prosedur
a. Menuliskan kata-kata kunci
b. Mendaftar kata-kata kunci sebagai bahan
penulisan teks ulasan
Materi pembelajaran remidial
Disajikan teks ulasan novel
“Surat Kecil untuk Tuhan” karya Agnes Danovar
Materi pembelajaran pengayaan
Pertemuan Ketiga
(1) Faktual
Judul : Marmut
Merah Jambu
Pengarang :
Raditya Dika
Tahun terbit : Juni 2010
Penerbit :
Bukune
Jumlah halaman : 222 halaman
Kategori :
Nonfiksi-komedi
Marmut
Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah
Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya
ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu
dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif
untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta
pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk
menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang
sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang
persahabatannya dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita
Dika, dia sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia
dewasa. Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya,
benarkah cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan
film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga
mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya
memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan
tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang
mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang
sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para
penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri
masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap
memberikan hal yang bagus dan menarik.
|
(2) Konsep
a. Struktur teks ulasan
1. Judul
2. Indentitas buku
3. Orientasi
4. Sinopsis
5. Analisis
6. Evaluasi
b. Komponen detail bagian pada struktur teks ulasan
c. Unsur kebahasaan teks ulasan
1. Kata sifat sikap
2. Kata bermetafora
3. Kata rujukan
4. Variasi kalimat majemuk
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
Pertemuan Keempat
(1) Faktual
Membaca novel sesusai dengan
apa yang dicari oleh peserta didik.
|
(2) Konsep
a. Struktur teks ulasan
1. Judul
2. Indentitas buku
3. Orientasi
4. Sinopsis
5. Analisis
6. Evaluasi
b. Komponen detail bagian pada struktur teks ulasan
c. Unsur kebahasaan teks ulasan
1. Kata sifat sikap
2. Kata bermetafora
3. Kata rujukan
4. Variasi kalimat majemuk
d. Kaidah ejaan bahasa Indonesia.
(3) Prosedur
a. Menyusun kerangka teks ulasan
b. Menulis teks ulasan berdasarkan judul
novel yang dicari oleh peserta didik.
c. Menyunting teks ulasan
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Menulis teks ulasan berdasarkan
judul novel yang dicari oleh peserta didik.
3. Materi Pembelajaran Remedial
a. Kaidah ejaan bahasa Indonesia
b. Menulis teks ulasan
c. Menyunting teks ulasan
E. Metode Pembelajaran
1. Inquiry/Discovery
2. Saintifik
3. Problem based learning
F. Media dan Bahan
a. Media
1) Cuplikan film laskar pelangi
2) Teks ulasan
3) Tabel telaah teks
4) LK pemandu kegiatan
5) Power point
b. Bahan
1) Kertas plano
2) Lem/double tapes
3) Gunting, spidol
G. Sumber Belajar
Buku teks pendamping Bahasa
Indonesia untuk siswa kelas VIII edisi revisi 2016.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
(Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015
tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 Novemner 2015.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal
pembelajaran. (PPK)
b. Guru memotivasi peserta
didik dengan bertanya tentang film, novel, cepen,
atau puisi yang pernah dibaca atau dilihat.
c. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk mengomentari film, cerpen, novel, atau puisi yang pernah dibaca atau
dilihat.
d. Guru menjelaskan secara singkat kepada peserta
didik bahwa komentar yang telah mereka ungkapkan merupakan bentuk ulasan/review
e. Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai oleh peserta didik. Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
f. Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik melihat cuplikan tayangan film
“Laskar Pelangi”. (LITERASI)
b. Peserta didik mengisi pertanyaan yang berhubungan
dengan tayangan film “laskar pelangi”
c. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti yang berkaitan dengan pertanyaan yang telah dijawab.
d. Peserta didik mengumpulkan data
tentang hal-hal yang ditemukan sesuai dengan jawaban dari pertanyaan.
e. Guru membentuk kelas menjadi 5-6 kelompok yang
terdiri dari 5-6 orang.
f. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja
tentang objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan cerpen
“emak dan sepotong roti”. (4C=COLLABORATIVE) DAN HOTS (TUGAS TINGKAT TINGGI)
g. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas. (4C=COMMUNICATIVE)
h. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok
lainnya.
i. Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil
diskusi yang disampaikan oleh guru.
j. Peserta didik melaksanakan evaluasi tes tertulis.
(HOTS)
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil
pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
ulasan.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai
ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ciri objek, tujuan,
kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses
dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk
menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal
pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang
hal- hal yang dapat mengingatkan kembali mengenai teks ulasan cerpen “Emak
dan Sepotong Roti”.
c. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan.
d. Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
e. Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta
didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi
anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik membaca teks ulasan yang
berjudul “Surat Kecil Untuk Tuhan”.
b. Peserta didik mengisi pertanyaan yang berhubungan
dengan tayangan film “Surat Kecil untuk Tuhan”
c. Peserta didik menayakan hal-hal yang belum
dimengerti tentang kata-kata kunci, peta konsep, dari teks ulasan yang
berjudul “Surat Kecil untuk tuhan”.
d. Peserta didik mengumpulkan data tentang
kata-kata kunci, peta konsep, dari teks yang berjudul “Surat Kecil untuk
tuhan”.
e. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja
tentang kata-kata kunci dan peta konsep dari teks yang berjudul“Surat Kecil
untuk tuhan”. Guru memberikan bimbingan khusus terhadap
peserta didik yang mengalami kesulitan.
f. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas.
g. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok
lainnya.
h. Peserta didik menyimak penguatan hasil
diskusi yang disampaikan guru.
i. Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok
untuk diberi penilaian.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil
pembelajaran mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan
mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang kata-kata kunci dan peta
konsep teks ulasan,
d. serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk
kegiatan belajar berikutnya.
e. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses
dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk
menyebutkan kembali mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
f. Peserta didik mendapat tugas secara mandiri untuk
membuat peta konsep dari teks ulasan lain.
Pertemuan Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal
pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang
struktur dan kebahasaan teks kebahasan berdasarkan kata kunci yang
diberikan oleh guru.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,
yaitu menelaah struktur dan kebahasaan dari teks ulasan
novel “Marmut Merah jambu”.
d. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta
didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi
anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik membaca teks ulasan novel “Marmut
Merah Jambu” yang dibagikan oleh guru.
b. Peserta didik dibimbing oleh guru menemukan
struktur teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu” berdasarkan kata kunci yang
diberikan.
c. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan.
d. Peserta didik mengumpulkan data tentang struktur
dan kebahasaan teks ulasan dari novel “Marmut Merah Jambu”.
e. Peserta didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja
tentang struktur dan kebahasaan teks ulasan dari tayangan, guru memberikan
bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
f. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas.
g. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok
lainnya.
h. Peserta didik mencermati penguatan tentang hasil
diskusi yang disampaikan oleh guru.
i. Peserta didik melaksanakan evaluasi tertulis.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil
pembelajaran mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks
ulasan.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai
ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran tentang ciri objek, tujuan,
kebahasaan dan jenis teks ulasan, serta menyampaikan tindak lanjut /
perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses
dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk
menyebutkan kembali ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks ulasan.
e. Peserta didik mendapat tugas
kelompok untuk mengulas novel yang ditentukan oleh kelompok secara
tertulis.
Pertemuan Keempat (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta didik mengucapkan salam dan doa di awal
pembelajaran.
b. Guru memotivasi peserta didik untuk bertanya jawab
tentang teks ulasan.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai,
yaitu menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks ulasansecara
tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis
d. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk kelompok Peserta didik dengan Peserta
didik yang pandai menjadi ketua kelompok dan Peserta didik lain menjadi
anggota.
Kegiatan Inti (100 menit)
a. Peserta didik menyusun teks ulasan agar menjadi
runtut.
b. Peserta didik menulis teks ulasan dari
novel yang telah dibaca.
c. Peserta didik mengumpulkan data tentang kerangka teks,
struktur, kebahasaan, dan menyunting teks ulasan.
d. Guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta
didik yang mengalami kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang tentang
kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks ulasan, guru
memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas.
f. Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok
lainnya.
g. Guru memberikan penguatan hasil diskusi.
h. Peserta didik mempublikasikan teks ulasan di mading
kelas.
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Peserta didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil
pembelajaran mengenai kata-kata kunci dan peta konsep teks ulasan.
b. Guru bersama peserta didik membuat simpulan mengenai
kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teksulasan.
c. Guru bersama peserta didik melakukan identifikasi
kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran kerangka teks, struktur,
kebahasaan, dan menyunting teks ulasan serta menyampaikan tindak
lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses
dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan peserta didik untuk
menyebutkan kembali mengenai kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks ulasan.
e. Peserta didik mendapat tugas secara mandiri
untuk membuat teks ulasan secara tertulis.
f. Guru menutup pembelajaran
I. Penilaian
Teknik penilaian
a. Sikap
- Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis
c. Keterampilan
- Produk
Instrumen Penilaian
Pertemuan Pertama
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMPN 160
Jakarta
Kelas/Semester :
VIII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
Pengetahuan
|
Teks Ulasan
|
1.1.1 Menentukan ciri objek teks ulasanyang
dibaca/didengar.
1.1.2 Menentukan ciri
tujuan teks ulasandibaca/didengar.
1.1.3 Menentukan ciri aspek
kebahasaan teks ulasan yang dibaca/didengar.
|
1. Menentukan 4
ciri objek teks ulasan darinovel.
2. Menentukan 4
ciri tujuan teks ulasan novel.
3. Menentukan 4 kata umum
dan kata khusus dari teks ulasannovel
4. Menentukan 4
kata sifat sikapdari teks ulasan
5. Menemukan
jenis kalimat majemuk dalam teks ulasan
|
1
2
3
4
5
|
- Instrumen Soal
Tes tertulis
Bacalah teks ulasan berikut
kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Laskar pelangi
Keterbatasan yang ada
tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka
terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa
Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah teramcam akan
dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan
sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan
diri ke sekolah itu.
Dari sanalah cerita dimulai.
Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan
mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai
cara. Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar
lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah
tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul
sama dengan novelnya.
Anggota Laskar Pelangi
mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ aku “
dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar biasa
jenius. Sahara adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang
memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada
agama. Mahar, pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar
pada seni. A Kiong adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak
kelas satu. Syahdan adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah
menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi.
Borek adalah pia besar maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki
keterbelakangan mental. Tokoh lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda
Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah dari sekolah
Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga
kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang merupakan sepupu A Kiong.
Novel Laskar
Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi
juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan
penerbit para pemenang nobel sastra.
Nah sekian artikel
dari saya mengenai teks ulasan film laskar pelangi, semoga bermanfaat dan
jangan lupa like dan share artikel ini kepada sobat yang lainnya. Saya
ucapkan terima kasih untuk sobat semua yang sudah berpartisipasi untuk
membuat informasibelajar.com ini menjadi salah satu blog edukasi yang
membantu lebih dari 10.000 ribu siswa diseluruh Indonesia. Karena bantuan
sobat semua, membuat blog sederhana ini menjadi salah satu yang terbaik dan
akan terus berlanjut.
|
1. Tulislah 4 ciri objek yang terdapat dalam
teks ulasan tersebut!
2. Tulislah 4 tujuan yang
menggambarkan ciri dari teks ulasan tersebut!
3. Tulislah 4 kata umum dan kata khusus dalam
teks ulasan tersebut!
4. Tulislah 4 kata sifat sikap
dari teks ulasan tersebut!
5. Carilah kalimat majemuk yang terdapat pada teks
ulasan “laskar pelangi”!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN
PENSKORAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a. Menuliskan
4 ciri objek yang terdapat dalam teks ulasan tersebut!
b. Menuliskan 3 objek yang
terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar pelangi” dengan benar.
c. Menuliskan 2
objek yang terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar
pelangi” dengan benar.
d. Menuliskan 1 objek yang
terdapat dalam teks ulasan berjudul “laskar
pelangi” dengan benar.
|
4
3
2
1
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
2.
|
a. Menuliskan 4
tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan
benar.
b. Menuliskan 3 tujuan yang menggambarkan
objek dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan benar.
c. Menuliskan 2
tujuan yang menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan
benar.
d. Menuliskan 1 tujuan yang
menggambarkan objek dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
3.
|
a. Menuliskan 4
kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi”dengan benar.
b. Menuliskan 3 kata umun dan
khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan benar.
c. Menuliskan 2
kata umun dan khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi”dengan benar.
d. Menuliskan 1 kata umun dan
khusus yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan benar.
|
4
3
2
1
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
4.
|
e. Menuliskan 4
kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi”dengan benar.
|
4
|
f. Menuliskan 3
kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi”dengan benar.
g. Menuliskan 2
kata sifat dan bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar
pelangi”dengan benar.
h. Menuliskan 1 kata sifat dan
bersinonim yang terdapat dalam teks ulasan “laskar pelangi”dengan benar.
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
|
5.
|
a. Menuliskan jenis teks
ulasan “laskar pelangi” dengan benar.
|
4
|
JUMLAH SKOR TOTAL
|
20
|
Pedoman Penilaian:
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 1)
3.11 Mengidentifikasi informasi
pada teks ulasan tentang
kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel,
karya seni daerah) yang
dibaca atau diperdengarkan.
Nama Peserta
didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian
kerjakan tugas berikut!
Marmut Merah Jambu
Marmut Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah
Jambu ini berkisah tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya
ketika masa SMA, dengan perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu
dikisahkan pula saat Dika dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif
untuk memecahkan masalah teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta
pertamanya di SMA. Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk
menarik perhatian Ina. Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang
sama-sama anak terbuang di sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya
dengan cewek unik bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia
sadar: ada kasus di masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa.
Seiring dia berusaha memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah
cinta pertama enggak kemana-mana?
Kelebihan
film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga
mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya
memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan
tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang
mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang
sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para
penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri
masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap
memberikan hal yang bagus dan menarik.
|
1. Daftarlah hal yang diulas dari teks ulasan
“Marmut Merah Jambu” tersebut!
NO
|
OBJEK/ HAL YANG DIULAS
|
1.
|
Menceritakan kehidupan tokoh pada teks tersebut
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
Tujuan teks deskripsi
menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau
melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis
2. Daftarlah tujuan yang akan dicapai dari
teks ulasan tersebut!
NO
|
TUJUAN
|
1.
|
Kelebihan novel
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
Teks deskripsi menggunakan
sinonim kata yang bermakna khusus (legam, biru toska, putih jernih, molek,
permai).
3. Carilah kata khusus pada teks deskripsi yang
dicontohkan di atas dengan mengisi tabel berikut!
NO
|
KATA UMUM
|
KATA KHUSUS
|
1.
|
Baik
|
Ramah
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
Pertemuan Kedua
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMPN 160
Jakarta
Kelas/Semester :
VIII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
Keterampilan
|
Teks Ulasan
|
a. Menuliskan kata-kata kunci
berdasarkan objek yang diamati
b. Mendaftar kata-kata kunci
sebagai bahan penulisan teks ulasan
c. Membuat peta konsep teks ulasan
dari kata-kata kunci.
|
Susunlah teks ulasan
berdasarkan kata-kata kunci dari teks ulasan novel “Marmut Merah Jambu”
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan struktur (judul,
identitas, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
|
-
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Hanya satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan isi pada setiap
struktur
|
Semua gambaran umum objek, gambaran
rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat satu bagian gambaran
umum dan rincian objeknya tidak tepat.
|
Terdapat dua bagian struktur
yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua bagian struktur yang
gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Penggunaan kata emotif, kata
depandi dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat satu penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat dua penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat tiga penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas penggunaan bahasa
|
Terdapat empat atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat tiga atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat dua atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat satu atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
Pertemuan Ketiga
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMPN 160
Jakarta
Kelas/Semester :
VIII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI TES TERTULIS
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
Pengetahuan
|
Teks
Deskripsi
|
1.2.1 Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
1.2.2 Menentukan ciri kebahasaan teks
deskripsi dengan tepat.
|
1. Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
2. Menentukan ciri kebahasaan teks
deskripsi dengan tepat.
|
1
2
|
- Instrumen Soal
Tes tertulis
1. Bacalah teks ulasan berikut kemudian kerjakan sesuai
dengan perintah!
Marmut Merah Jambu
Marmut
Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah Jambu ini berkisah
tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan
perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika
dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah
teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu
hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA.
Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina.
Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di
sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik
bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di
masa lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha
memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak
kemana-mana?
Kelebihan
film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga
mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya
memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan
tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang
mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang
sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para
penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri
masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap
memberikan hal yang bagus dan menarik.
|
2. Tentukan bagian struktur
teks ulasan tesebut!
3. Tentukan ciri kebahasaan teks ulasan tersebut!
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a. Menentukan struktur dalam
teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
b. Menentukan struktur dalam
teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
c. Menentukan struktur dalam
teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
|
3
2
1
|
2.
|
a. Menuliskan 4 ciri kebahasaan
dalam teks ulasan Marmut Merah Jambu dengan tepat.
b. Menuliskan 3 ciri kebahasaan
dalam teks ulasanMarmut Merah Jambu dengan tepat.
c. Menuliskan 2 ciri kebahasaan
dalam teks ulasanMarmut Merah Jambu dengan tepat.
d. Menuliskan 1 ciri kebahasaan
dalam teks ulasanMarmut Merah Jambu dengan tepat.
|
4
3
2
1
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian
kerjakan tugas berikut!
Marmut Merah Jambu
Marmut
Merah Jambu adalah film indonesia tahun 2014 bergenre
drama komedi yang dirilis pada 8 Mei 2014 dan dibintangi
oleh Raditya Dika, Franda, Kamga Mo, Tio
Pakusadewo, Dewi Irawan dan Bucek Depp.
Film ini diangkat dari novel karya Raditya Dika yang berjudul sama. Film keempat karya
Raditya Dika yang diambil dari buku yang berjudul sama itu sukses menduduki
peringkat tiga besar di daftar Indonesia film terlaris 2014.
Marmut Merah Jambu ini berkisah
tentang Dika yang menceritakan kisah cinta pertamanya ketika masa SMA, dengan
perempuan bernama Ina Mangunkusumo. Selain itu dikisahkan pula saat Dika
dan temannya Bertus yang membentuk grup detektif untuk memecahkan masalah
teman-temannya, juga persahabatannya dengan Cindy.
Suatu
hari Dika bertemu dengan bapaknya Ina Mangunkusumo, cinta pertamanya di SMA.
Dika menceritakan usahanya membuat grup detektif untuk menarik perhatian Ina.
Grup itu dibuat bersama Bertus, temannya yang sama-sama anak terbuang di
sekolah. Dika juga bercerita tentang persahabatannya dengan cewek unik
bernama Cindy di SMA. Seiring dengan cerita Dika, dia sadar: ada kasus di masa
lalunya yang belum selesai hingga dia dewasa. Seiring dia berusaha
memecahkannya, seiring itu pula dia bertanya, benarkah cinta pertama enggak
kemana-mana?
Kelebihan
film ini adalah bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga
mudah dipahami dan alurnya juga mudah dimengerti. Selain itu, cover depannya
memiliki warna yang terang dan cerah, sehingga tampak menarik. Namun
sayangnya, ada beberapa bagian sepanjang film yang tidak terselesaikan dengan
baik.
Akan
tetapi, film ini sangat cocok untuk anak remaja yang haus akan tontonan yang
mengandung unsure drama komedi. Marmut Merah Jambu pun terhidang
sebagai sebuah tontonan yang lucu dan mengundang tawa bagi para
penontonnya. Terlepas dari beberapa kekurangan yang tidak dapat dimungkiri
masih ada di sana-sini, sejauh ini film yang dibuat Raditya Dika, tetap
memberikan hal yang bagus dan menarik.
|
Struktur teks ulasan di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
TEKS
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
1. Ciri Kebahasaan teks ulasan!
NO
|
STRUKTUR
|
KATA/KALIMAT
|
1.
|
Kata benda dan kata yang
mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
|
|
2.
|
Kalimat yang seolah-olah dapat
dilihat, didengar, dan dirasakan.
|
|
3.
|
Kata Berimbuhan pada Teks
ulasan
|
|
4.
|
Menggunakan kata
bersinonim
|
Pertemuan Keempat
- Instrumen penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Nama
Sekolah : SMPN 160
Jakarta
Kelas/Semester :
VIII/Semester 2
Tahun
pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
Keterampilan
|
Teks ulasan
|
4.2.1 Membuat kerangka
teks sesuai dengan struktur teks ulasan
|
1. Buatlah kerangka teks
sesuai dengan struktur teks ulasan
|
||
4.2.2 Menulis teks ulasan dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan tentangteks ulasan novel
4.2.3 Mengomunikasikan hasil
novel yang telah diulas
|
2. buatlah teks ulasan dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan tentang teks ulasan novel
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN PEDOMAN PENSORAN
ASPEK
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan struktur (judul,
identitas, rientasi, sinopsis, analisis, evaluasi, dan rekomendasi)
|
-
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Tiga unsur struktur terpenuhi
|
Hanya satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan isi pada setiap
struktur
|
Semua gambaran umum objek,
gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks tepat.
|
Terdapat satu bagian gambaran
umum dan rincian objeknya tidak tepat.
|
Terdapat dua bagian struktur
yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua bagian struktur yang
gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Penggunaan kata emotif, kata
depandi dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat satu penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat dua penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat tiga penggunaan unsur
bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas penggunaan bahasa
|
Terdapat empat atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat tiga atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat dua atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat satu atau lebih
kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD 4)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Membuat kerangka teks
sesuai dengan struktur teks ulasan dan Menulis teks ulasan dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.
NO.
|
HAL
|
HASIL
|
1.
|
Kerangka teks sesuai dengan
struktur teks ulasan
|
|
2.
|
Menulis teks ulasandengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata
kalimat/tanda baca/ejaan tentang novel yang telah dibaca.
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Herda Linda
Sirait, M.Pd. Sri
Budi Sukiyanto, S.Pd.
NIP 196206301987032006 NIP
196601101966031001
No comments:
Post a Comment