RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-4)
Sekolah : SMPN 160 Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Iklan,
Slogan, dan Poster
Alokasi
Waktu : 8
X 40 Menit ( 4 pertemuan)
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami
pengetahuan(Faktual,konseptual, dan prosedural) Berdasarkan rasa ingin taunya
tentang ilmu penegetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba
mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (Menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar dan menggarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
3.4
|
Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks
iklan,slogan,proses ( yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar.
|
3.4.1
3.4.2
3.4.3
3.4.4
|
Menentukan ciri iklan dengan tepat
Menentukan ciri slogan dengan tepat
Menentukan ciri poster dengan benar .
Membedakan iklan,slogan dan poster dengan benar
|
4.4
|
Menyajikan gagasan, pesan dan ajakan dalam bentuk
iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis.
|
4.4.1
4.4.2
4.4.3
|
Membuat iklan, dengan tepat
Membuat slogan dengan tepat
Membuat poster dengan benar
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang iklan slogan dan poster, siswa diharapkan dapat:
1. Menentukan ciri dalam iklan.
2. Menentukan ciri dalam slogan.
3. Menentukan ciri dalam poster.
Pertemuan
Kedua
Setelah
mengikuti pembelajaran Menentukan ciri dalam iklan slogan dan
poster, siswa diharapkan dapat membedakan iklan,slogan dan poster
Pertemuan
Ketiga
Setelah
mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster,
siswa diharapkan dapat membuat iklan
Pertemuan
Keempat
Setelah
mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster,
siswa diharapkan dapat membuat slogan.
Pertemuan
Kelima
Setelah
mengikuti pembelajaran iklan, slogan, dan poster,
siswa diharapkan dapat membuat poster
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian iklan
slogan dan poster
2. Ciri
kebahasan iklan slogan dan poster
3. Struktur
kebahasaan iklan, slogan, dan poster
E. METODE/MODEL
PEMBELAJARAN
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT,
BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media::
- LCD
proyektor
2. Bahan
:
a. Contoh
Teks Iklan dari berbagai sumber
b. Contoh
Teks slogan dari berbagai sumber
c. Contoh
Teks Poster dari berbagai sumber
3. Sumber
belajar:
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku
Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku
Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum
Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan
Bahasa. .
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru
menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru dan
siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk
mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Guru
menayangkan contoh teks Iklan poster dan slogan. (LITERASI)
- Siswa
mengamati tayangan iklan poster dan slogan.
- Siswa
menuliskan prediksi ciri iklan poster dan
slogan berdasarkan contoh yang telah diamati.
- Siswa mengidentifikasi ciri iklan
poster dan slogan.
- Guru
menanyakan materi yang akan diajarkan.
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri dari empat orang.
- Siswa dalam kelompok mengamati iklan poster dan slogan. (4C)
- Dengan dipandu guru, siswa
membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai informasi
dalam iklan poster dan slogan.
- Masing-masing kelompok mencari
informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota
kelompoknya tentang iklan poster dan
slogan. (4C)
- Siswa menuliskan informasi yang
diperoleh dari iklan poster dan slogan.
- Siswa mempresentasikan hasil
kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
- Siswa lain diberi kesempatan
untukmenyampaikan tanggapan.
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru
untuk menemukan informasi iklan poster dan
slogan. (HOTS)
- Siswa merefleksi proses KBM
yang berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa.
|
10’
|
Pertemuan
Kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru
memberikan motivasi kepada siswa
- Guru dan
siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk
mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas empat orang.
- Siswa mengamati sebuah iklan poster dan slogan secara berkelompok (literasi)
- Setiap kelompok
mengidentifikasi ciri iklan poster dan slogan.
- Siswa menuliskan informasi
dari teks iklan poster dan slogan.
- Dengan dipandu guru, siswa
membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai ciri iklan poster dan slogan.
- Siswa menukarkan hasil kerja
dengan hasil kerja kelompok lain.
- Setiap kelompok memberikan
penilaian atas hasil kelompok lain.
- Setiap kelompok menyampaikan
hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
|
60’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru,
yaitu mencari dan mengamati iklan poster dan slogan dari
berbagai sumber.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa.
|
10’
|
Pertemuan
Ketiga
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru
menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru
menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru
memberikan motivasi kepada siswa
- Guru dan
siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk
mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas 4 orang.
- Siswa dalam
kelompok membuat iklan
- Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
- Siswa lain diberi kesempatan
untuk menyampaikan tanggapan tentang iklan
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa diberi tugas untuk
menyimpulkanciri iklan dari berbagai
sumber.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
Pertemuan
Keempat
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru
menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru
menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru
memberikan motivasi kepada siswa
- Guru dan
siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk
mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas 4 orang.
- Siswa dalam
kelompok membuat slogan
- Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
- Siswa lain diberi kesempatan
untuk menyampaikan tanggapan tentang slogan .
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa diberi tugas untuk
menyimpulkanciri slogan dari berbagai
sumber.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
Pertemuan
Kelima
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru
menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru
menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru
memberikan motivasi kepada siswa
- Guru dan
siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk
mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas 4 orang.
- Siswa dalam
kelompok membuat poster
- Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
- Siswa lain diberi kesempatan
untuk menyampaikan tanggapan tentang poster.
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa diberi tugas untuk menyimpulkanciri poster dari berbagai sumber.
- Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
H. PENILAIAN,
PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN
PENGAYAAN
1. Teknik
Penilaian
a. Sikap
(spiritual dan sosial)
Obser
b. Pengetahuan
1) Tes
tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar
Kerja)
c. Keterampilan
:
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran
Remedial
Kegiatan
pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran
ulang
• bimbingan
perorangan
• belajar
kelompok
• pemanfaatan
tutor sebaya
bagi siswa yang
belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis
penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman
materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas
buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Herda Linda
Sirait, M.Pd. Sri
Budi Sukiyanto, S.Pd.
NIP 196206301987032006 NIP
196601101966031001
LAMPIRAN
MATERI SURAT IKLAN POSTER DAN SLOGAN
Pengertian & Contoh Slogan dan Poster
serta Perbedaannya
Seringkali kita melihat slogan
dan poster di tempat-tempat umum, seperti dipinggir jalan. Slogan dan poster
merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang memiliki ciri-ciri
tersendiri dibandingkan dengan jenis penyampaian informasi lainnya.
Agar sebuah slogan dan poster dapat meyakinkan pembacanya, slogan dan poster harus dibuat semenarik mungkin, baik secara isi maupun penampilan, dengan kreativitas kalian.
Agar sebuah slogan dan poster dapat meyakinkan pembacanya, slogan dan poster harus dibuat semenarik mungkin, baik secara isi maupun penampilan, dengan kreativitas kalian.
Pengertian slogan dan poster
Menurut kamus besar bahasa
Indonesia, slogan berarti perkataan atau
kalimat pendek yg menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan
sesuatu; perkataan atau kalimat pendek yg menarik, mencolok, dan mudah diingat
untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik,
dsb.
Menurut sumber yang sama, pengertian poster adalah plakat yg dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan.
Menurut sumber yang sama, pengertian poster adalah plakat yg dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan.
Perbedaan slogan dan poster
Hal yang membedakan antara
slogan dengan poster adalah berikut.
1. Isi atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan sebagainya.
2. Isi atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu.
Slogan dan poster biasanya dituangkan dalam
bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan
(outdoor), terutama poster, penggunaan format bahasa, bentuk tulisan,
penyertaan gambar, dan komposisi warna akan sangat berpengaruh terhadap minat
seseorang untuk membacanya.1. Isi atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi, golongan, dan sebagainya.
2. Isi atau muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tertentu.
Slogan dan poster biasanya dituangkan dalam
Maka dari itu, pemasangan media tersebut biasanya dipilih tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh khalayak umum.
Contoh slogan dan poster
Contoh gambar slogan dan poster
Contoh gambar slogan
Contoh Slogan
|
Contoh gambar poster
Contoh kalimat slogan dan poster
Contoh kalimat slogan
- Saatnya WANITA Tampil di Depan
- PKK Budi Mulya, Hidup bersosialisasi, berkreativitas dan berprestasi
- PKK Budi Mulya, Hidup bersosialisasi, berkreativitas dan berprestasi
Contoh kalimat poster
- Keluarga bahagia dengan emansipasi
- Buang sampah sembarangan = tidak cinta lingkungan
- Keberhasilan membangun karier bukan berarti meninggalkan urusan rumah tangga
Setelah memerhatikan contoh slogan dan poster di atas, dapat disimpulkan bahwa slogan dan poster merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan yang berupa kalimat pendek, singkat, sarat pesan, mudah diingat, dan menarik.
- Buang sampah sembarangan = tidak cinta lingkungan
- Keberhasilan membangun karier bukan berarti meninggalkan urusan rumah tangga
Setelah memerhatikan contoh slogan dan poster di atas, dapat disimpulkan bahwa slogan dan poster merupakan bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan yang berupa kalimat pendek, singkat, sarat pesan, mudah diingat, dan menarik.
LAMPIRAN
PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap
Petunjuk:
a. Amati
perkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b. Isi
jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang
positif maupun negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku
kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang
diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
2. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
a. Teknik :
tes tertulis
b. Bentuk :
uraian
c. Indikator
soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Iklan
Slogan
Poster
|
Disajikan teks iklan,slogan dan poster
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
|
No comments:
Post a Comment