Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,
menghitung, menggambar,
dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu
fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.9 Meringkas isi teks eksplanasi yang
berupa
proses terjadinya suatu
fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca
|
3.10 Menelaah teks ekplanasi
berupa paparan
kejadian suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.10 Menyajikan informasi
dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses
terjadinya suatu fenomena secara
lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan
|
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
•
mengidentifikasi teks ekplanasi yang
berupa paparan kejadian
fenomena alam/sosial yang diperdengarkan atau dibaca dengan
lengkap.
•
menelaah isi teks ekplanasi paparan kejadian suatu fenomena alam
yang diperdengarkan atau dibaca dengan tepat.
•
meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca dengan
lengkap.
•
menyajikan informasi, suatu fenomena
secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan dengan
menarik.
Proses Pembelajaran
·
Guru mengingatkan kembali informasi
tentang teks eksplanasi yang
pernah
dibaca dan didengar.
·
Guru dan siswa bersama
memahami karakteristik teks eksplanasi
yang dibaca dan didengar.
· Guru menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi yang dibaca
dan didengar.
·
Guru dan siswa membahas struktur
kebahasaan teks eksplanasi
yang dibaca dan didengar.
·
Guru dan siswa menelaah teks eksplanasi yang dibaca dan
didengar. Ini bentuk teks tanggapan
secara tulis.
· Siswa meringkas
teks eksplanasi dengan bahasa
sendiri.
·
Tugas akhir adalah menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena
secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan dengan menarik.
Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
No comments:
Post a Comment