RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMPN 160
Jakarta
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/ 2
Materi
Pokok :
Teks Persuasi
Alokasi Waktu :
4 X Pertemuan ( 12 JP)
A. Kompetensi
Inti
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
3.13 Mengidentifikasi
jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif
atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
|
3.13.1 Mengamati model-model teks persuasi
3.13.2 Mendiskusikan informasi pada teks persuasi yang
didengar/dibaca
3.13.3 Mendiskusikan pengertian dari teks persuasi
3.13.4 Mendiskusikan jakan-ajakan yang terdapat pada
teks persuasi
|
|
|
4.13.1 Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan
kesimpulan teks persuasi
4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks
persuasi
|
|
3.14 Menelaah
struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan
pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar
dan dibaca
|
3.14.1 Mendiskusikan struktur isi teks persuasi
3.14.2 Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi
yang dibaca /didengar
3.14.3 Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang
dibaca/didengar
3.14.4 Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat
untuk memberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi.
3.14.5 Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang
masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alas an dan
bukti, saran, arahan atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan.
|
|
4.14 Menyajikan
teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan
lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan
struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
4.14.3 Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Mengamati
model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.
2. Mendiskusikan
informasi pada teks persuasi yang didengar/dibaca
3. Mendiskusika
pengertian dari teks persuasi secara tepat.
4. Menetukan ciri
tujuan teks persuasi dibaca/didengar secara tepat
5. Mendiskusikan
ajakan-ajakan yang terdapat pada teks persuasi yang dibaca/didengar secara
tepat.
Fokus penguatan pendidkan
karakter
- cermat
- teliti
Pertemuan kedua
1. Mengamati
model-model teks persuasi yang dibaca/didengar.
2. Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan kesimpulan
teks persuasi
3. Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks
persuasi
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
- cermat
- teliti
- percaya diri
Pertemuan
ketiga
1. Mengamati model-model teks persuasi yang
dibaca/didengar
2. Mendiskusikan struktur isi dan kaidah kebahasaan
teks persuasi
3. Mendiskusikan perbedaan pada setiap kalimat/paragraph
berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
4. Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat
untuk memberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi.
5. Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah
actual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alas an dan bukti, saran,
arahan atau ajakan, serta unsur kebahasaab yang digunakan.
Fokus penguatan pendidikan
karakter :
- cermat
- teliti
- percaya diri
Pertemuan
keempat
Setelah
mengamati contoh teks persuasi, peserta didik dapat:
1. Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
2. Menulis teks persuasi sesuai dengan
memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
3. Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
Fokus penguatan
pendidikan karakter :
1. Kerja sama
2. Teliti
3. Tanggung jawab
4. Percaya diri
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan
kesatu
(1) Faktual
HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Rokok
mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin
merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok
mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin
besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak
negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan
pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu
gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi
perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah
rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat
tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita
tidak merugikan orang lain.
(2) Konsep
a. Informasi teks
persuasi
b. Pengertian teks
persuasi
c. Ciri
isi teks persuasi
d. Tujuan teks
persuasi
Pertemuan kedua
(1) Fakta
PENDIDIKAN
Pendidikan
adalah hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun
informal. Dengan pendidikan kita bias mendapatkan pencerahan dan menjadi
apapun yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan
yang lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan belajar dengan giat baik di
sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak belajar
dengan serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia
karena tidak ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak
sungguh-sungguh. Akibatnya kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh karena
itu, marilah belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar kita dapat mendapat
cita-cita.
|
(2) Konsep
a. langkah-langkah
penyusunan kesimpulan teks persuasi
langkah-langkahmerumuskan
kesimpulan teks persuasi.
Membaca
keseluruhan isi teks persuasi.
Mencatat
bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.
Memahami bagian
logis antar bagian penting teks persuasi.
Merumuskan
kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
b. Menyajikan
informasi isi teks persuasi
(3) Prosedur
a. Menuliskan
bagian penting dari isi teks persuasi
Pertemuan
ketiga
1. Fakta
Dampak Globalisasi
Assalamualaikaum
Wr.Wb
Yang terhormat
Kepala Sekolah
Yang terhormat
Wakil Kepala Sekolah
Yang terhormat
guru-guru
Beserta seluruh
murid yang berbahagia.
Puji
syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya. Saya
juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung acara ini. Tak lupa
saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk
menyelanggarakan acara ini.
Pada kesempatan kali ini, saya
ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola hidup yang kita lakukan
dalam keseharian kita. Tanpa kita sadari, hal-hal yang kita lakukan dalam
kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya globalisasi. Saya berharap, pada
kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu seberapa besar pengaruh
globalisasi dalam kehidupan kita.
Globalisasi berarti proses yang
mendunia. Di abad 21 ini, pengaruh globalisasi menjadi hal yang lumrah bagi
kita. Bahkan, pengaruh tersebut terasa pada setiap aspek kehidupan. Misalnya,
di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat jalan raya dipadati oleh
berbagai jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran bermotor
ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan,
bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek
kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Hal tersebut
dapat dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir setiap
orang. Selain telepon genggam, yang tak kalah penting adalah penggunaan
internet. Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk
mengikuti program yang dikenal dengan melek internet.
Dari beberapa aspek yang saya
sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh
aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan
pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik , kita harus
bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai
negatif dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya
asing yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik dan
tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.
Jadi ,ada banyak cara yang bisa
kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan
pengaruh positip,namun kita harus mampu menyaring hal -hal yang berguna bagi
kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .
Semoga apa yang telah saya
sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang
dapat saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya
mohon maaf.
Wabillahi
taufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb.
(2) Konsep
- Struktur teks persuasi
1) Pengenalan isu
2) Rangkaian argumen
3) Pernyataan ajakan
4) Penegasan kembali
- Komponen detail bagian pada struktur teks persuasi
- Kaidah kebahasaan
1) pernyataan yang berupa bujukan
2) kata ganti orang
3) istilah teknis
4) konjungsi
5) kata kerja mental
6) perujukan
(3) Prosedur
- Menyusun kerangka teks persuasi
- Menulis teks persuasi secara benar
- Mengidentifikasi pernyataan bujukan, kata ganti orang dan penggunaan
konjungsi.
- Mengklasifikasi istilah teknis
e. Mengeksplorasi
kata kerja mental
Pertemuan
keempat
1. Fakta
(1) Konsep
a. Penyajian teks
persuasi
1) Menetukan topik dan tujuan
2) Membuat kerangka teks persuasi
- Pengenalan isu
- Rangkaian argument
- Pernyataan ajakan
- Penegasan kembali
3) pengembangan
kerangka karangan
b. Komponen detail
bagian pada struktur teks persuasi
c. Keterkaitan
dengan permasalahan katual
d. Unsur kebahasaan
teks persuasi
- pernyataan yang
berupa bujukan
- kata ganti
orang
- istilah teknis
- konjungsi
- kata kerja
mental
- perujukan
e. Kaidah ejaan
bahasa Indonesia.
(3) Prosedur
- Menyusun kerangka teks persuasi
- Menulis teks persuasi tentang permasalahan aktual
- Menyunting teks persuasi
2. Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menulis
teks persuasi secara berkelompok.
3. Materi
Pembelajaran Remedial
a. Kaidah ejaan
bahasa Indonesia
b. Menulis teks
persuasi
c. Menyunting teks
persuasi
E. Metode
Pembelajaran
1. Inquiry/
discovery learning
2. Metode
Ilmiah (Saintifik)
F. Media
dan Bahan
a. Media
1) Gambar
lingkungan alam
2) Teks persuasi
3) Tabel telaah
teks
4) LK pemandu
kegiatan
5) Laptop
6) Kartu kata
b. Bahan
1) Kertas plano
2) Lem/double
tapes
3) Gunting, spidol
G. Sumber
Belajar
Mulyadi, Yadi.
2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/M.Ts. Bandung: Yrama
Widya. Hlm. 171-196
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
30 Novemner 2015.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran. (PPK)
b. Guru memotivasi
peserta didik untuk bertanya tentang yang mengenai ajakan-ajakan
c. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi
informasi dalam teks persuasi pada saat mereka mendengarkan pidato pembina
upacara di sekolah.
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk
kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain
menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik
mencermati teks persuasi yang dibagikan. (LITERASI)
b. Peserta didik
menayakan hal-hal yang berlum dimengerti tentang objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teksyang mereka dapatkan.
c. Peserta
didik mendiskusikan tentang pengertian teks persuasi (4C=COLLABORATIVE)
d. Peserta didik
mendiskusikan tentang ciri dan tujuan teks persuasi
e. Guru
menjelaskan informasi yang terdapat dalam teks persuasi.
f. Siswa
mendiskusikan tentang informasi yang berupa ajakan-ajakan pada teks persuasi,
guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.
g. Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. (4C=COMMUNICATIVE)
h. Kelompok lain
menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
i. Peserta didik
mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh
guru.
j. Peserta didik
melaksanakan evaluasi tertulis.(HOTS)
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Peserta didik
mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai teks persuasi.
b. Guru bersama
peserta didik membuat simpulan mengenai informasi,
ajakan-ajakan dalam teks persuasi
c. Guru bersama
peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentanginformasi, ajakan-ajakan dalam teks persuasi,serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e.
Guru memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi kesempatan
peserta didik untuk menyebutkan kembali informasi, tujuan, ciri, dan
ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
Pertemuan Kedua
(3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi
peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang berkaitan dengan sebuah
ajakan
c. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu tentang langkah-langkah
merumuskan kesimpulan teks persuasi yang didengar dan dibaca.
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk
kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain
menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik
membaca teks persuasi yang berjudul “PENDIDIKAN”.
b. Peserta didik
menayakan hal-hal yang belum dimengerti tentang langkah-langkah
penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi.
c. Peserta
didik mengumpulkan data tentang ajakan-ajakan yang terdapat
dalam teks persuasi yang berjudil “PENDIDIKAN”
d. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar
kerja tentang langkah-langkah penyusunan kesimpulan dalam teks persuasi, guru
memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain
menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta didik menyimak
penguatan hasil diskusi yang disampaikan guru.
h. Peserta didik
mengumpulkan hasil diskusi kelompok.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Peserta didik
mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ajakan dan langkah-langkah
penyusunan kesimpulan teks persuasi.
b. Guru bersama
peserta didik membuat simpulan mengenai ajakan dan
langkah-langkah penyusunan kesimpulan teks persuasi.
c. Guru bersama
peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi,
serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali
mengenaiajakan-ajakan yang terdapat dalam teks persuasi yang berjudul
“PENDIDIKAN”.
e. Peserta didik
mendapat tugas secara mandiri untuk menelaa teks persuasi yang lain, bisa berupa
pidato, atau arahan dari kepala desa tentang kemajuan desa.
Pertemuan
Ketiga (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi
peserta didik untuk bertanya tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasi.
c. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur dan
kebahasaan dari teks persuasi tentang sebuah pidato yang berjudul
“Dampak Globalisasi” yang didengar dan dibaca.
d. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian pengetahuan.
f. Guru membentuk
kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain
menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik
mencermati teks persuasi yang dibagikan oleh guru.
b. Peserta didik
menayakan hal-hal yang berlum dimengerti tentang struktur dan
kebahasaan teks persuasi.
c. Peserta didik
mengumpulkan data tentangstruktur dan kebahasaan teks persuasidari buku teks
siswa.
d. Peserta didik
berdiskusi mengerjakan lembar kerjatentang struktur dan kebahasaan teks
persuasi,guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.
e. Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok lain
menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta didik
mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh
guru.
h. Peserta didik
melaksanakan evaluasi tertulis.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Peserta didik
mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai ciri, tujuan,
struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi.
b. Guru bersama
peserta didik membuat simpulan mengenai ciri, tujuan, struktur dan
unsur kebahasaan teks persuasi.
c. Guru bersama
peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentangciri, tujuan, struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi,
serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek, tujuan,
kebahasaan, dan jenis teks persuasi.
Pertemuan
Keempat(3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didikmengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru memotivasi
peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang berkaitan dengan sebuah
kalimat ajakan
c. Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan cara dan
langkah-langkah penulisan teks persuasi secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d. Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru
menyampaikan lingkup penilaian keterampilan.
f. Guru membentuk
kelompok siswa dengan siswa yang pandai menjadi ketua kelompok dan siswa lain
menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta didik
mengamati objek berupa gambar tentang lingkungan.
b. Peserta didik
menayakan hal-hal yang belum dimengerti dari hasil pengamatan.
a. Peserta didik
mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks persuasi.
b. Peserta didik
guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan.mengerjakan lembar kerja tentang tentang kerangka teks,
struktur, kebahasaan, dan cara menyunting teks persuasi, guru memberikan
bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
c. Tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
d. Kelompok lain
menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
e. Guru
memberikan penguatan hasil diskusi.
f. Peserta didik
mempublikasikan teks persuasi di mading kelas.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
a. Peserta didik
mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai langkah-langka penulisan,
struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
b. Guru bersama
peserta didik membuat simpulan mengenai langkah-langka penulisan,
struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi.
c. Guru bersama
peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran langkah-langkah, struktur, kaidah kebahasaan, dan
menyunting teks persuasi serta menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk
kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru memberi
umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara
memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali
mengenai kerangka langkah-langkah penulisan, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks persuasi.
e. Peserta didik
mendapat tugas secara mandiri untuk menulis teks persuasi dengan tema
“Menghindari Pergaulan Bebas” secara tertulis.
I. Penilaian
1. Teknik
penilaian
a. Sikap
(spiritual dan sosial)
- Observasi
(jurnal)
b. Pengetahuan
- Tes tertulis
c. Keterampilan
1) Produk
2. Instrumen
penilaian
a. Pertemuan
Pertama
- Instrumen
penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 160 Jakarta
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen
Penilaian Pengetahuan
1. Kisi-Kisi tes
tertulis
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
Pengetahuan
|
Teks persuasi
|
3.13.1 Menentukan informasi yang terdapat pada teks persuasi.
3.13.2. Menentukan pengertian dari teks persuasi.
|
1. mengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks persuasi yang
berjudul “hindarilah rook meskipun sebatang”.
Aspek informasi teks persuasi.
1. topik
2. pendapat
3. fakta
4. saran
5. jakan
|
B. Instrumen Soal
Tes tertulis
1. Secara berkelompok identifikasikanlah informasi
yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindari rokok meskipun
sebatang”
Pedoman Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Siswa mampu menginformasikan
teks persuasi mencakup 4 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
|
100
|
2
|
Siswa mampu menginformasikan
teks persuasi mencakup 3 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
|
75
|
3
|
Siswa mampu menginformasikan
teks persuasi mencakup 2 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
|
50
|
4
|
Siswa mampu menginformasikan
teks persuasi mencakup 1 aspek (topik, pendapat, fakta, saran/ajakan)
|
25
|
Skor = jumlah perolehan angka
seluruh aspek
- Kunci Jawaban
No
|
Aspek
|
Jawaban
|
1
|
Topik
|
Bahaya Rokok
|
2
|
Pendapat
|
Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya
beracun
|
3
|
Fakta
|
Memiliki kandungan zat bahaya
|
4
|
Saran/Ajakan
|
Maka hindarilah rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka
kita telah membuat tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara
selain tiu juga kita tidak merugikan orang lain.
|
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
3.13. Mengidentifikasi jenis, saran, ajakan arahan dan pertimbangan tentang
berbagai hal positif atau permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas /
Kelompok : ...............................................................
Bacalah teks
dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
HINDARILAH ROKOK MESKIPUN SEBATANG
Rokok
mengandung bahan dan zat kimia yang berbahaya bagi Sistem pernafasan. Nikotin
merupakan salah satu zat kimia yang berbahaya dalam sebatang rokok. Rokok
mengandung lebih dari 4000 bahan kimia dimana 200 diantaranya beracun. Semakin
besar isi kandungan nikotin dalam sebatang rokok, maka semakin besar dampak
negatif yang diterima oleh tubuh kita. Dampak negatif bagi perokok aktif dan
pasif diantaranya adalah penyakit jantung, kanker serta impoten. Selain itu
gangguan kehamilan dan janin merupakan dampak negatif bagi wanita yang menjadi
perokok aktif. Karena dampak negatifnya begitu luar biasa maka hindarilah
rokok, jika kita telah menghindari diri dari rokok maka kita telah membuat
tubuh kita sehat dan mengurangi pencemaran polusi udara selain itu juga kita
tidak merugikan orang lain.
1.Secara berkelompok identifikasikanlah informasi
yang terdapat pada teks persuasi yang berjudul “Hindarilah Rokok Meskipun
Sebatang”
Aspek Informasi Teks Persuasi
|
Hal yang Dinformasikan
|
Topik
|
…………………….
|
Pendapat
|
…………………….
|
Fakta
|
…………………….
|
Saran/Ajakan
|
…………………….
|
2.Presentasikanlah
hasil diskusi kelompokmu mengenai isi teks persuasi secara bergantian dengan
kelompok lain.
b. Pertemuan
Kedua
- Instrumen
penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 160 Jakarta
Kelas/Semester : VIII/Semester 2
Tahun pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen
Penilaian Keterampilan
2. Kisi-Kisi tes
keterampilan
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Keterampilan
|
Teks Persuasi.
|
4.13.1Mendiskusikan langkah-langkah penyusunan
kesimpulan teks persuasi
4.13.2 Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi
teks persuasi
|
Mebuat kesimpulan dari teks persuasi
|
1
|
Rubrik
Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan sangat tepat
|
100
|
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tepat
|
75
|
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan cukup tepat
|
50
|
Membuat kesimpulan teks persuasi dengan tidak tepat
|
25
|
Pedoman
Penilaian:
Skor = jumlah
perolehan angka seluruh aspek
Nilai
= skor yang
diperoleh x 100
skor maksimal
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 4.13Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan,
perimbangan tentang berbagai hal positif atau permasalahan aktual dari teks
persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
didengar dan dibaca.
Nama Siswa/ Kelomok : ................................................................
Kelas /
Kelomok : ...............................................................
1. Bacalah teks
dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
PENDIDIKAN
Pendidikan
adalah hal yang paling penting dalam dunia ini, baik pendidikan formal maupun
informal. Dengan pendidikan kita bias mendapatkan pencerahan dan menjadi apapun
yang kita inginkan. Pendidikan juga bias mengarahkan kita kekehidupan yang
lebih baik. Pendidikan bias kita raih dengan belajar dengan giat baik di
sekolah, di rumah maupun di tempat-tempat lain. Jika kita tidak belajar dengan
serius dan giat, tentunya apa yang kita lakukan hanyalah sia-sia karena tidak
ada yang bias dicapai dengan perbuatan yang tidak sungguh-sungguh. Akibatnya
kita tidak bias mencapai cita-cita. Oleh karena itu, marilah belajar dengan
giat dan sungguh-sungguh agar kita dapat mendapat cita-cita.
2. Diskusikanlah
informasi pada teks persuasi tersebut seperti yang telah kamu pelajari
sebelumnya.
3. Simpulkanlah
informasi-informasi tersebut menjadi simpulan teks persuasi yang mudah dipahami
dan dimaknai.
langkah-langkahmerumuskan
kesimpulan teks persuasi.
Membaca
keseluruhan isi teks persuasi.
Mencatat
bagian-bagian penting dari isi teks persuasi.
Memahami bagian
logis antar bagian penting teks persuasi.
Merumuskan
kesimpulan isi teks secara ringkas dan jelas.
Pertemuan
Ketiga
- Instrumen
penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN 160
Jakarta
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen
Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi tes keterampilan
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Keterampilan
|
Teks Persuasi.
|
3.14.1 Mendiskusikan struktur isi teks persuasi
3.14.2 Dapat membedakan struktur dalam teks persuasi yang dibaca
/didengar
3.14.3 Mendiskusikan kaidah kebahaaan teks persuasi yang
dibaca/didengar
3.14.4 Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk memberi
masukan sebagai bahan menulis teks persuasi.
|
- Mendiskusikan struktur teks persuasi.
- Membedakan struktur teks persuasi
- Mendiskusikan kaidah kebahasaan teks persuasi.
- Mendata permaslahan actual teks persuasi
|
1
|
Pedoman
Penilaian
1. Menentukan bagian-bagian dari struktur
paragraf persuasi.
“Dampak
globalisasi”
Aspek
|
Skor
|
Menuliskan keseluruhan bagian dalam struktur paragraf persuasi berupa
pengenalan isu, rangakaian argumen, ajakan-ajakan, dan penegasan kembali
dengan tepat.
|
100
|
Menuliskan 3 dari 4 komponen dari struktur paragraf persuasi dengan
tepat
|
75
|
Menuliskan 2 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan
tepat
|
50
|
Menuliskan 1 dari 4 komponen dari strukturparagraf persuasi dengan
tepat
|
25
|
2. Menentukan unsur kebahaaan dalam paragraf persuasi
Aspek
|
Skor
|
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan,
pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan
dengansangat tepat
|
100
|
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan,
pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tepat
|
75
|
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan,
pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan cukup
tepat
|
50
|
Dapat menuntukan kaidah kebahasaan yang mengandung ajakan, dorongan,
pendapat, fakta, kata istilah, kata kerja mental, kata perujukan dengan tidak
tepat
|
25
|
Pedoman
Penilaian:
Skor = jumlah
perolehan angka seluruh aspek
Nilai
= skor yang
diperoleh x 100
skor maksimal
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi berupa saran, ajakan,
dan pertimbangan dengan berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup,
kondisisosial, dan/atau keberagaman budaya dll) dari berbagai sumber yang
didengar dan dibaca.
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas /
Kelompok : ...............................................................
1. Bacalah teks
dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
Dampak Globalisasi
Assalamualaikaum
Wr.Wb
Yang terhormat
Kepala Sekolah
Yang terhormat
Wakil Kepala Sekolah
Yang terhormat
guru-guru
Beserta seluruh
murid yang berbahagia.
Puji
syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya.Saya
juga berterimakasih kepada guru-guru yang telah mendukung acara ini.Tak lupa
saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah bersusah payah untuk
menyelanggarakan acara ini.
Pada
kesempatan kali ini, saya ingin mengajak hadirin di sini untuk beberapa pola
hidup yang kita lakukan dalam keseharian kita.Tanpa kita sadari, hal-hal yang
kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari merupakan dampak adanya
globalisasi.Saya berharap, pada kesempatan kali ini, kita semua menjadi tahu
seberapa besar pengaruh globalisasi dalam kehidupan kita.
Globalisasi
berarti proses yang mendunia. Di abad 21 ini, pengaruh globalisasi menjadi hal
yang lumrah bagi kita.Bahkan, pengaruh tersebut terasa pada setiap aspek
kehidupan.Misalnya, di bidang transportasi.Setiap hari kita dapat melihat jalan
raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Padahal, sebelum kendaran
bermotor ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu
perjalanan, bahkan perjalanan jauh sekalipun. Selain di bidang transportasi,
aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi.Hal
tersebut dapat dilihat dari penggunaan telepon genggam yang dimiliki hampir
setiap orang.Selain telepon genggam, yang tak kalah penting adalah penggunaan
internet.Bahkan, masyarakat yang belum mengenal internet didorong untuk
mengikuti program yang dikenal dengan melek internet.
Dari beberapa
aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh
aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan
pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik , kita harus
bersikap bijak dengan mengambil nilai -nilai positif dan membuang nilai – nilai
negatif dari globalisasi. Salah satunya dengan menyeleksi budaya
asing yang masuk ke negara kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik dan
tidak bertengtangan dengan norma - norma yang ada di Indonesia kita.
Jadi ,ada
banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita
boleh merasakan pengaruh positip,namun kita harus mampu menyaring hal -hal yang
berguna bagi kita tanpa melanggar norma yang berlaku di masyarakat .
Semoga apa yang telah saya
sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua yang hadir di sini. Hanya itu yang
dapat saya sampaikan ,apabila ada perkataan yang salah tidak berkenan ,saya
mohon maaf.
Wabillahi
taufiq walhidayah
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
a. Analisislah
teks pidato tersebut berdasarkan struktur teks persuasi
b. Berdasarkan
analisis yang kamu lakukan, apakah teks tersebut memnuhi kelengkapan struktur
teks persuasi ?simpulkan jawabanmu dengan disertai tanggapan.
Struktur
|
Bagian dalam Teks
|
Penjelasan
|
Pengenalan isu
|
||
Rangkaian argument
|
||
Pernyataan ajakan
|
||
Penegasan kembali
|
c. Simpulkanlah
informasi-informasi tersebut menjadi simpulan teks persuasi yang mudah dipahami
2. Menentukan
kaidah kebahasaan pada teks persuasi “dampak globalisasi”
No.
|
Aspek
|
Kutipan, Kalimat/ kata dalam teks
|
1.
|
Penggunaan pernyataan yang
bersifat bujukan atau ajakan
|
|
2.
|
Penggunaaan kata ganti orang
|
|
3.
|
Penggunaan istilah teknis
|
|
4.
|
Penggunaan konjungsi
|
|
5.
|
Penggunaan kata kerja mental
|
|
6.
|
Penggunaan
perujukan
|
Pertemuan
Keempat
- Instrumen
penilaian sikap
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMPN
160Jakarta
Kelas/Semester : VIII/2
Tahun pelajaran : 2018/ 2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
- Instrumen
Penilaian Keterampilan
Kisi-Kisi tes keterampilan
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Keterampilan
|
Teks Persuasi.
|
4.14.1 Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi
4.14.2 Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan
kaidah kebahasaan teks persuasi.
4.14.3 mempresentasikan teks persuasi yang ditulis
|
- Mendiskusikan cara penulisan teks persuasi.
- Menulis eks persuasi dengan memperhatikan struktur dan kaidah
kebahasaannya
|
1
|
Pedoman
Penilaian
1. Menulis teks persuasi sesuai dengan topik yang
ditentukan
Rubrik
Aspek
|
Skor
|
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks
persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah
kebahasaan teks persuasi dengan sangat tepat
|
100
|
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks
persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah
kebahasaan teks persuasi dengan tepat
|
75
|
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks
persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah
kebahasaan teks persuasi dengan cukup tepat
|
50
|
Menentukan tema, menuliskan ajakan yang berupa fakta sesuai struktur teks
persuasi : pengenalan isu, argument, ajakan, penegasan kembali dan kaidah
kebahasaan teks persuasi dengan tidak tepat
|
25
|
Pedoman
penilaian
Nilai = skor
yang diperoleh x 100
Skor
max
Kunci Jawaban : Kebijakan guru
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
( LKPD 1 )
KD 4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan
pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktu, kebahasaan
atau aspek lisan.
Nama Siswa/ Kelompok : ................................................................
Kelas /
Kelompok : ...............................................................
1. Buatlah teks
persuasi dengan tema “Jagalah Kebersihan” dengan memperhatikan struktur dan
kaidah kebahasaannya.
2.
a. Temukan
informasi yang berkaitan dengan tema tersebut.
Aspek
|
Kutipan
|
Menentukan topik dan tujuan
|
|
Membuat krangka teks persuasi
|
b. Kembangkan
kerangka karangan menjadi teks persuasi utuh
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Herda Linda
Sirait, M.Pd. Sri
Budi Sukiyanto, S.Pd.
NIP 196206301987032006 NIP
196601101966031001
No comments:
Post a Comment