Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan
prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.7 Mengidentifikasi
unsur-unsur pembangun teks puisi yang
diperdengarkan
atau dibaca
|
4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun
dan makna teks puisi
yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.8 Menelaah unsur-unsur pembangun
teks puisi (perjuangan, lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan lain-lain)
yang diperdengarkan atau dibaca
|
4.8 Menyajikan gagasan, perasaan,
dan
pendapat
dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-
unsur
pembangun puisi
|
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
•
mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
•
menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan
atau dibaca dengan teliti
•
menyimpulkan makna puisi yang diperdengarkan atau dibaca dengan tepat.
•
menyajikan gagasan, perasaan,
pendapat dalam bentuk puisi
dengan
memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi dengan menarik.
Proses Pembelajaran
·
Bab ini dapat dijadikan bagian tersendiri atau bersamaan dengan
bab lain karena berkaitan
dengan karya sastra yang paling populer, yaitu puisi. Inti kegiatan adalah mengasah kemampuan membaca-
kan dan menulis puisi.
·
Guru dan siswa bersama-sama memahami struktur retorika
teks
puisi.
·
Guru menjelaskan ciri khas kebahasaan teks puisi, seperti gaya ba-
hasa, citraan, dan pilihan kata.
· Guru dan siswa membahas
makna yang terdapat
dalam teks puisi.
·
Tugas akhir adalah menyajikan gagasan, perasaan, pendapat da- lam bentuk puisi dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun
puisi.
No comments:
Post a Comment