Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,
menghitung, menggambar,
dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.13
Mengidentifikasi jenis saran, ajakan,
arahan, dan pertimbangan
tentang berbagai
hal
positif atas permasalahan aktual dari
teks persuasi (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang
didengar
dan dibaca
|
4.13 Menyimpulkan isi
saran, ajakan, arahan,
pertimbangan
tentang berbagai hal
positif
permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang didengar dan dibaca
|
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan,
dan
pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya,
dll) dari berbagai sumber yang
didengar dan dibaca
|
4.14 Menyajikan teks persuasi
(saran, ajakan,
arahan,
dan pertimbangan) secara
tulis dan lisan
dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
|
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
•
mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan
tentang berbagai hal positif
atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman
budaya) yang didengar dan
dibaca dengan tepat.
•
menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks persuasi yang
berupa
saran, ajakan, dan pertimbangan tentang
berbagai permasalahan
aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya,
dll) dari
berbagai sumber yang didengar dan dibaca
dengan benar.
•
menyimpulkan isi saran,
ajakan, arahan, pertimbangan tentang
berbagai permasalahan aktual dari teks persuasi
(lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau
keragaman budaya)
yang didengar dan
dibaca
dengan lengkap.
Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan dengan sistematis.
Proses Pembelajaran
·
Guru mengingatkan kembali informasi
tentang teks persuasi yang
berisi saran, ajakan, arahan,
atau pertimbangan.
·
Guru dan siswa
bersama memahami
struktur teks persuasi yang
berisi saran, ajakan, arahan,
atau pertimbangan.
·
Guru menjelaskan cara menyusun teks teks persuasi yang berisi
saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan.
·
Guru dan siswa menelaah
perbedaan teks persuasi
yang berisi saran, ajakan, arahan, atau
pertimbangan.
·
Siswa diminta menyimpulkan perbedaan teks persuasi
yang berisi isi saran, ajakan, arahan,
atau pertimbangan.
·
Siswa berlatih membuat
teks persuasi yang berisi isi saran, ajakan,
arahan, atau pertimbangan dengan mempertimbangkan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
·
Tugas akhir adalah menyajikan teks persuasi yang berisi isi saran,
ajakan, arahan, atau pertimbangan secara lisan dan tulisan dengan
memperhatikan struktur teks,
kebahasaan, dan isi.
Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
No comments:
Post a Comment