Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan
prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi teks eksposisi berupa artikel
ilmiah populer dari koran/
majalah) yang didengar dan dibaca
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel
ilmiah
populer dari koran dan
majalah) yang
didengar
dan dibaca
|
3.6 Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan
aspek lisan dalam
teks eksposisi artikel ilmiah populer
(lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/
atau keragaman budaya, dll) yang
diperdengarkan
atau dibaca
|
4.6 Menyajikan gagasan dan pendapat ke
dalam
bentuk teks eksposisi artikel ilmiah
populer (lingkungan hidup,
kondisi sosial,
dan/atau keragaman budaya, dll) secara
lisan dan tertulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek
lisan
|
Proses Pembelajaran
·
Guru menjelaskan tujuan
dan fungsi teks eksposisi dalam kehidupan
sehari-hari.
· Guru dan siswa
bersama memahami struktur retorika teks
eksposisi.
·
Guru menjelaskan
ciri khas kebahasaan teks eksposisi, khususnya kalimat aktif dan
kalimat pasif.
· Guru dan siswa membahas
informasi tentang teks eksposisi.
· Guru membimbing siswa menelaah model teks eksposisi.
· Siswa ditugaskan
menelaah teks eksposisi.
·
Siswa menyajikan data dan rangkaian
kegiatan ke dalam bentuk
teks eksposisi tentang lingkungannya dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
·
Tugas akhir adalah menyajikan gagasan/pendapat dalam bentuk
teks eksposisi
artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek
lisan sesuai tema atau memilih sendiri.
Hati-hati jika siswa hanya
mengunduh dari internet. Lebih bagus jika siswa
membuat rencana
dan
disetujui oleh guru.
Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
No comments:
Post a Comment