Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
|
4.17 Membuat peta konsep/garis alur
dari buku
fiksi dan
nonfiksi yang dibaca
|
3.18 Menelaah
unsur buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
|
4.18 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis
|
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
• menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi
dan nonfiksi yang
dibaca dengan tepat.
• menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan
benar.
• membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca
dengan baik.
• menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
secara lisan/tertulis dengan sistematis.
Proses Pembelajaran
·
Bab ini dapat dijadikan pembelajaran khusus
karena diperlukan
semua mata pelajaran. Semua siswa hendaknya memiliki
kebiasaan membaca buku sebanyak-banyaknya. Membaca dan membaca
harus menjadi penekanan bukan sekadar mengerjakan laporan
yang diminta guru.
·
Guru dan siswa bersama
memahami struktur retorika teks laporan
buku.
· Guru
menjelaskan ciri khas kebahasaan buku fiksi dan nonfiksi.
· Guru dan
siswa membahas informasi tentang buku fiksi
dan nonfiksi.
·
Siswa mengajukan kontrak membaca yang disetujui
guru. Guru perlu melihat buku yang akan dibaca.
·
Tugas akhir adalah menulis laporan
buku dan menyajikan laporan
buku secara lisan.
Ini bagian dari penilaian
dan kesungguhan bahwa
siswa benar membaca buku.
No comments:
Post a Comment