Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
|
4.11 Menceritakan kembali isi
teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah) yang dibaca atau didengar
|
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah)
yang diperdengarkan dan
dibaca
|
4.12 Menyajikan tanggapan tentang
kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam
bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan
|
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
•
mengidentifikasi informasi pada teks ulasan
tentang kualitas karya sastra (film, cerpen, puisi,
novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
dengan benar.
• menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan
(film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan diperdengarkan.
•
menceritakan kembali
isi teks ulasan
tentang kualitas karya
(film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
dengan menarik.
•
menulis tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya
seni daerah, dll.) dalam bentuk
teks ulasan dengan
memperhatikan struktur,
dan aspek kebahasaan secara objektif.
Proses Pembelajaran
·
Guru mengingatkan kembali informasi
tentang teks ulasan tentang
kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya
seni daerah) yang dibaca dan didengar ketika duduk di kelas sebelumnya.
·
Guru membimbing siswa untuk memahami teks ulasan tentang
kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya
seni daerah) yang dibaca
dan didengar.
·
Guru dan siswa bersama memahami struktur
bahasa teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni
daerah) yang dibaca dan didengar.
· Guru menjelaskan ciri teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah)
yang dibaca dan didengar.
· Guru dan siswa menelaah teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah)
yang dibaca dan didengar.
· Siswa berlatih membuat
teks ulasan tentang kualitas
karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya
seni daerah).
·
Tugas akhir adalah menulis tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen,
puisi, novel, karya
seni daerah, dll.) dalam bentuk
teks ulasan dengan memperhatikan struktur, dan aspek kebahasaan
secara objektif. Panduan penilaian
mandiri dijelaskan guru.
Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
No comments:
Post a Comment