Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi
Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan
prosedural)berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.3 Mengidentifikasi
informasi teks iklan, slogan, atau poster
(yang membuat
bangga
dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster
(membanggakan dan
memotivasi) dari
berbagai sumber
3.4 Menelaah pola penyajian dan
kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai
sumber yang
dibaca
dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan
dalam
bentuk iklan, slogan, atau
poster
secara lisan dan tulis
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
•
mengidentifikasi unsur
teks iklan, slogan,
atau poster (yang
membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber
yang dibaca dan
didengar dengan benar.
•
menelaah pola penyajian, dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
yang dibaca dan didengar dengan tepat.
•
menyimpulkan isi iklan, slogan,
atau poster yang dibaca dan didengar
dengan
lengkap.
•
menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan,
atau poster dengan memperhatikan kreativitas penyajian dan
penggunaan bahasa secara efektif
Proses Pembelajaran
·
Guru menjelaskan tujuan dan fungsi teks iklan, slogan, atau poster secara
lisan dan tulisan.
·
Guru bertanya-jawab tentang
bentuk teks iklan,
slogan, atau poster
agar siswa menyadari manfaat praktis
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru dan siswa bersama
memahami struktur retorika
teks iklan, slogan, atau poster.
·
Guru menjelaskan ciri khas kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster. Penjelasan dan latihan penggunaan kosakata
emotif dan
bahasa figuratif untuk menimbulkan perasaan dan latihan tata
bahasa (kohesi koherensi) untuk menunjang
kompetensi teks iklan,
slogan, atau poster sangat dianjurkan.
·
Guru dan siswa
membahas informasi
tentang teks iklan, slogan,
atau poster.
·
Guru membimbing
siswa menelaah model teks iklan, slogan, atau
poster.
·
Siswa diminta menceritakan kembali isi iklan, slogan, atau poster
yang dimuat media cetak dan media elektronik dengan guru
membimbing.
·
Tugas akhir adalah menyajikan informasi, pesan, ajakan dalam
bentuk iklan, slogan, atau poster dengan memperhatikan
kreativitas penyajian
dan penggunaan bahasa secara efektif.
No comments:
Post a Comment