Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
KOMPETENSI INTI 3
|
KOMPETENSI INTI 4
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan
prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,
menghitung, menggambar,
dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan
sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/
teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
(membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
|
4.1 Menyimpulkan isi berita
(membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
|
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)
yang didengar dan dibaca
|
4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau
aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, dan kinesik)
|
Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
• mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang didengar dan dibaca
dengan benar.
• menelaah struktur dan kebahasaan teks berita yang didengar dan
dibaca dengan tepat.
•
menyimpulkan isi berita
yang dibaca dan didengar dengan lengkap.
• menyajikan data-data informasi
dalam bentuk teks berita secara tulis dan lisan dengan
memperhatikan struktur,
kebahasaan, atau
aspek lisan
(lafal, intonasi, mimik, kinesik)
dengan menarik
Proses Pembelajaran
·
Guru mengingatkan tujuan dan fungsi teks berita yang dimuat
media
cetak dan atau ditayangkan media elektronik.
·
Guru bertanya-jawab tentang
bentuk teks berita.
Ini bertujuan
agar
siswa menyadari manfaat praktis teks berita untuk
kepentingan
hidup di masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari,
berbagai jenis teks berita sering digunakan. Setiap jenis teks berisi informasi yang berbeda-beda
·
Struktur teks berita terdiri atas tiga, yaitu kepala
berita, bagian utama,
dan informasi penjelas. Ketiga bagian itu digambarkan dengan bagan
piramida terbalik.
·
Guru menjelaskan ciri khas kebahasaan teks berita.
Penjelasan teknis
tata bahasa dimungkinkan. Latihan tata bahasa untuk menunjang
kompetensi teks sangat dianjurkan.
·
Guru membimbing siswa menelaah
tiga bagian berita
yang bersifat
hasil observasi. Pertanyaan telaah bertujuan untuk mengenal
dan
mengidentifikasi struktur teks
berita.
·
Inti pelajaran bagian ini adalah pola pengembangan teks berita.
Guru membimbing siswa menelaah contoh
teks berita yang dimuat atau
ditayangkan media. Panduan
ini di uji cobakan
kepada siswa agar
mengalami langsung dan mencoba
menyusunnya dengan bahasa
yang otentik.
·
Kebermanfaatan pelajaran Bahasa Indonesia juga berkaitan dengan
mata pelajaran lain. Teks berita
diberikan di awal kelas
VIII agar dapat
menjadi kompetensi untuk membuat teks berita pada saat diadakan
studi wisata. Guru Bahasa Indonesia dapat meminta
teks berita yang
dibuat siswa untuk mata pelajaran
lain. Guru bahasa berfokus
kepada aspek struktur dan kebahasaan. Isi teks berita menjadi
tanggung jawab guru mata pelajaran lain.
Absen :
ReplyDeleteNama : Aditian Fauzrin Nur Pratama
Kelas : VIII-C
Materi yang dibaca : BAB 1 Teks Berita
Nama:Mohammad fahkri saputra
ReplyDeleteKelas:VIII C
Absen:19
Materi yang di baca:Bab 1 Teks berita
Absen:
ReplyDeleteNama :Adinda Diva Arnada
Kelas:VII-C
Materi yang dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama:Rassyah aulia Pratiwi DESERNA
ReplyDeleteKelas:8c
Absen:28
Materi yang dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama :Adinda Diva Arnada
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :2
Sekolah :SMPN 160
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama:Mohammad fahkri saputra
ReplyDeleteKelas:VIII C
Absen:19
Materi yang di baca:Bab 1 Teks berita
Nama :Devito Al-fath Astrayoga
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :9
Sekolah :SMPN 160
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama :Muhammad Rizki Rizaldi
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :22
Sekolah:SMPN 160
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Materi yg dibaca:
Nama :Muhammad Rizki Rizaldi
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :22
Sekolah :SMPN 160
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama : Muhammad rayhan putra
ReplyDeleteKelas : 8C
Absen : 21
Sekolah : Smpn 160 jakarta
Materi : Bab 1(Teks berita)
Nama:Yosie julianizar
ReplyDeleteKelas:8C
Absen:36
Sekolah: SMPN 160
Materi yang dibaca: Bab 1(teks berita)
Nama:jeandyraf saputra
ReplyDeleteAbsen: 14
Sekolah: SMPN 160 jakarta
Materi yg dibaca: Bab 1 (teks berita)
Nama:arsyad nugraha
ReplyDeleteAbsen:5
Sekolah:SMPN 160 JAKARTA
METERI YANG DIBACA:BAB 1 (TEKS BERITA)
Nama : Selvina Magdalena
ReplyDeleteKelas : 8C
No. Absen : 33
Materi : Bab 1 Teks Berita
SMPN 160 Jakarta
Nama:Jordi Bayu Pakiding kelas:8C No.Absen:16 materi yg dibaca:BAB 1 (TEKS BERITA)
ReplyDeleteNama :Vikri Muhammad
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :35
Sekolah :SMPN 160
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama: G.Marbun
ReplyDeleteKelas: 8C
Absen: 12
Materi: Bab 1 Teks Berita
SMPN 160 Jakarta
Nama :Nabila Aprilianti
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :24
Sekolah :SMPN 160 JAKARTA
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama: Putri Xenia Salsabila
ReplyDeleteKelas: 8C
Absen: 26
Materi yang dibaca: BAB 1 Teks Berita
SMPN 160 Jakarta
Nama :Pingkan Aulia Nur Mutiah
ReplyDeleteKelas :8C
Absen :26
Sekolah :SMPN 160
Materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama:Rheina nadra tania
ReplyDeletekelas:8c
Absen:29
Sekolah:SMPN 160
materi yg dibaca:BAB 1 TEKS BERITA
Nama: Putri Xenia Salsabilla
ReplyDeleteKelas: 8C
Absen : 27
Sekolah: SMPN 160 Jakarta
Materi yang dibaca: bab 1 teks berita
Nama: Firnanda
ReplyDeleteKelas: 8C
Absen: 11
Sekolah: SMPN 160 Jakarta
Materi yang dibaca: bab 1 teks berita
Nama : Benedicta Kylla P.H
ReplyDeleteKelas : 8A
No. Absen : 6
Materi : Bab 1 Teks Berita
SMPN 160 Jakarta
Nama: Illyyin Nasira
ReplyDeleteKelas: VIII A
Absen: 13
Sekolah: SMPN 160 Jakarta
Materi yang dibaca: Bab 1 teks berita