Sunday 22 July 2018

INSTRUMEN PENILAIAN


FORMAT PENILAIAN PENYAJIAN LISAN


Sebagai Pembicara



                                                                                                                                                                                                    


Sikap/ Nonbahasa
Lafal dan intonasi digunakan secara tepat




Memperhatikan pandangan mata




Memperhatikan kecepatan berbicara




Menanggapi pendengar, misalnya menjawab pertanyaan, menjelaskan




Sesuai dengan waktu yang ditentukan




Gerak dan mimik sesuai




Menggunakan alat bantu







Skala Penilaian (Skor):



ASPEK
A
Sangat baik (x5)
B
Baik (x4)
C
Cukup (x3)
D
Kurang (x2)
Topik
8
4
2
1
Organisasi
30
24
18
6
Bahasa
48
36
18
6
Sikap/Nonbahasa
14
7
4
2
Total
100
75
44
15

Catatan: Jika diberi bobot (x5), (x4), dan seterusnya.




Nama          :
Kelas          :
Tanggal       :

Sebagai Pendengar


Aspek
Perilaku
Sering
Tidak pernah
Kadang- kadang
Perilaku mendengarkan dan sosial
Mendengar penuh perhatian



Memandang pendengar saat berbicara



Memberi komentar yang sesuai



Mengajukan dan menjawab pertanyaan sebagai bukti telah mendengarkan



Mengajukan pertanyaan
Bertanya untuk meminta penjelasan



Bertanya untuk meminta
konfirmasi



Bertanya untuk mengharapkan informasi lanjutan



Menggunakan bentuk pertanyaan:
Kapan Siapa Di mana Apa
Mengapa Bagaimana Lainnya:............























                                                                                                                                                                                                      

KINERJA INDIVIDU DALAM DISKUSI ATAU KERJA KELOMPOK

Nama          :

Kelas          :
Tanggal       :

Guru memberi tanda √ pada kotak yang sesuai dengan perilaku siswa:

mengerjakan tugas sendiri-
sendiri
atau
mengerjakan tugas secara
kooperatif
lebih banyak diam dalam
setiap tahapan tugas

aktif berbicara selama
mengerjakantugas
interaksi terlihat dominan
atau pasif

partisipasi setara secara relatif
dengan mitra dalam kelompok
melontarkan instruksi atau
pendapat tanpa meminta persetujuan kelompok

negosiasi dengan kelompok
atau mitra; mencari konsensus/kesepakatan
mengabaikan kerja mitra
atau berkomentar secara negatif

menghargai upaya mitra;
berkomentar secara positif
tugas tidak direncanakan

membuat rencana pembagian
tugas; mendiskusikan gagasan dengan mitra
tidak ada pemantauan
akan tugas

ada pemantauan tugas,
seperti: memberi umpan balik, mengajukan tantangan, menjelaskan, terlibat dalam pemecahan masalah
berbicara hanya yang
terkait dengan tugas seketika

memberikan komentar
evaluatif atau refleksi; mengaitkan dengan pengalaman atau tugas diskusi yang pernah dilakukan



PORTOFOLIO MEMBACA

Nama:
Kelas:

Tgl.

Judul Buku/Artikel/ Lainnya

Sumber

Kesimpulan/ Komentar
Laporan Bacaan dilaporkan tanggal:








Mengetahui Guru Bahasa Indonesia, ttd

..........................................................



ttd (Nama Siswa)


                                                                                                                                                                                                     

Kriteria Penilaian Kemampuan Menulis Penskoran Analitik


ISI
Deskriptor isi adalah keterpahaman tentang subjek, fakta/data/rincian pendukung, pengembangan gagasan/pikiran/tesis yang cermat, sesuai dengan topik karangan. Kriteria penskoran dan penjabaran deskriptor sebagai berikut.
30-27
Sangat Baik
Terpahami, banyak fakta pendukung, pengembangan tesis/pikiran/gagasan yang cermat, sesuai dengan topik karangan.
26-22
Baik
Banyak mengetahui subjek, pengembangan memadai, pengembangan gagasan terbatas, pada umumnya sesuai dengan topik tetapi kurang rinci.
21-17
Sedang
Pengetahuan mengenai subjek terbatas, sedikit data pendukung, pengembangan topik kurang memadai.
16-13
Kurang
Tidak menunjukkan pengetahuan tentang subjek (topik), tidak ada data pendukung, tidak berkaitan, tidak cukup untuk dievaluasi.


ORGANISASI

Deskriptor organisasi adalah kelancaran pengungkapan, ide dibatasi dan didukung secara jelas, ringkas, susunannya baik, urutan logis, dan padu (kohesif). Kriteria penskoran dan penjabaran deskriptor sebagai berikut.
20-18
Sangat Baik
Pengungkapan lancar, ide dibatasi dan didukung secara jelas, ringkas, tersusun baik, urutan logis, dan padu.
17-14
Baik
Terkadang berombak, susunan longgar tetapi ide dasar tetap menonjol, pendukung terbatas, logis tetapi urutannya tidak sempurna
13-10
Sedang
Tidak lancar, gagasan membingungkan atau tidak berhubungan, kurang urutan dan pengembangan logis.
9-7
Kurang
Tidak mengkomunikasikan apa-apa, tanpa organisasi, atau tidak cukup untuk dievaluasi


KOSA KATA
Deskriptor kosa kata adalah keakuratan, pemilihan dan penggunaan kata/idiom secara efektif, penguasaan bentuk kata, laras bahasa yang sesuai. Kriteria penskoran dan penjabaran deskriptor sebagai berikut.
20-18
Sangat Baik
Akurat, penggunaan dan pemilihan kata/idiom efektif, menggunakan jenis kata yang tepat, penggunaan laras bahasa yang sesuai.
17-14
Baik
Cukup memadai, terkadang penggunaan atau pemilihan kata bentuk kata/idiom keliru tetapi tidak mengaburkan arti.
13-10
Sedang
Penggunaan atau pemilihan bentuk kata/idiom sering keliru, artinya membingungkan atau kabur.
9-7
Kurang
Mirip terjemahan kaku, hanya sedikit sekali mengetahui kosakata/bentuk kata/idiom, tidak cukup untuk dievaluasi.

PENGGUNAAN BAHASA
Deskriptor penggunaan bahasa adalah bangun kalimat kompleks yang efektif, penggunaan unsur-unsur kalimat, jenis kalimat, kata bilangan, urutan/fungsi kata. Kriteria penskoran dan penjabaran deskriptor sebagai berikut.

25-22
Sangat Baik
Konstruksi kalimat kompleks yang efektif; sedikit kesalahan tentang unsur kalimat, jenis kalimat, kata bilangan, urutan/fungsi kata, artikel, kata ganti, kata depan.
21-18
Baik
Efektif tetapi konstruksi kalimat sederhana, sedikit masalah dalam konstruksi kompleks, beberapa kekeliruan dalam hal: unsur kalimat, jenis kalimat, kata bilangan, urutan/fungsi kata, artikel, kata ganti, kata depan tetapi arti jarang kabur
10-11
Sedang
Banyak masalah dalam konstruksi sederhana/ kompleks, kerap keliru pada bentuk negatif, kesesuaian jenis kalimat, kata bilangan,urutan/ fungsi kata, dan jenis kata yang lain; makna membingungkan dan tidak jelas.
10-5
Kurang
Tidak menguasai kaidah konstruksi kalimat, kalimat banyak yang salah, tidak mengkomunikasikan apa- apa, dan tidak cukup untuk dievaluasi.

                                         

MEKANIK

Deskriptor mekanik adalah ejaan, pungtuasi, paragraf, dan tulisan tangan. Kriteria penskoran dan penjabaran deskriptor sebagai berikut:
5
Sangat Baik
Menunjukkan penguasaan EBI dan paragraf
4
Baik
Terkadang keliru dalam menerapkan EBI namun arti tidak kabur
3
Sedang
Kerap keliru dalam menerapkan EBI dan paragraf, tulisan tangan jelek, arti membingungkan dan kabur
2
Kurang
Tidak menguasai EBI dan paragraf, tulisan tangan tidak terbaca, tidak cukup untuk dievaluasi

Pembobotan
Jacobs dkk. (1981) memberikan bobot pada setiap kompetensi dasar sesuai dengan tingkat kesukaran masing-masing kompetensi dasar. Itu berarti nilai yang diperoleh merupakan nilai akhir atau jenjang ketuntasan (mastery level), jenjangnya adalah sebagai berikut.
%
Organisasi
Isi
Kosakata
Penggunaan Bahasa
Mekanik
Total
100
20
30
20
25
5
100
90
18
27
18
22
5
90
75
15
24
15
19
4
77
50
11
19
11
14
3
58
25
8
14
8
7
2
39



Format Kertas/lembar Tugas Menulis

Nama:                                                    Kelas:
Tanggal:









Letak Karangan Siswa

Tempat komentar teman (peer review)
Catatan Guru:


Portofolio Menulis (Catatan Guru)
Nama        :       Haris Hawali Hakim
Kelas       :       8
Tanggal
Tahap Penulisan
Topik/Jenis
Komentar
3/5
Buram pertama
Ke Borobudur/ laporan
Tulis peristiwa secara kronologis.
Bicarakan lebih kanjut soal penggunaan kata ganti.
17/5
Buram pertama
Bermain “Gala Asin”/ petunjuk
Mampu menulis instruksi dengan jelas. Perlu ditambahkan subjudul untuk setiap bagian.

Contoh Catatan Portofolio Menulis (Catatan Siswa)
Nama:Haris Hawali Hakim
Judul
Bentuk
Buram
Selesai
Tanggal
Ke Borobudur
Faktual/ Laporan
Ö

3/5
Mona dan Kevin
Puisi
Ö
Ö
10/5
Bermain “Gala Asin”
Petunjuk
Ö

17/5
Rajin Menabung
Poster
Ö
Ö
7/6

No comments:

Post a Comment