Sunday 22 July 2018

BAB 9 Menemukan Informasi dari Buku Fiksi dan Nonfiksi


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)


KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.17 Menggali dan menemukan informasi dari
buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.17 Membuat peta konsep/garis alur dari buku
fiksi dan nonfiksi yang dibaca
3.18 Menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi
yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan/ tertulis



Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
       menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca dengan tepat.
       menelaah unsur buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca dengan benar.
       membuat peta konsep/garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang
dibaca dengan baik.
       menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
secara lisan/tertulis dengan sistematis.



Proses Pembelajaran

·      Bab ini dapat dijadikan pembelajaran khusus karena diperlukan semua mata pelajaran. Semua siswa hendaknya memiliki kebiasaan membaca buku sebanyak-banyaknya. Membaca dan membaca harus menjadi penekanan bukan sekadar mengerjakan laporan yang diminta guru.
·      Guru dan siswa bersama memahami struktur retorika teks laporan
buku.
·      Guru menjelaskan ciri khas kebahasaan buku fiksi dan nonfiksi.
·      Guru dan siswa membahas informasi tentang buku fiksi dan nonfiksi.
·      Siswa mengajukan kontrak membaca yang disetujui guru. Guru perlu melihat buku yang akan dibaca.
·      Tugas akhir adalah menulis laporan buku dan menyajikan laporan buku secara lisan. Ini bagian dari penilaian dan kesungguhan bahwa siswa benar membaca buku.

No comments:

Post a Comment