Sunday 22 July 2018

BAB 6 Teks Ulasan


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan



Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
       mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya sastra (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan dengan benar.
       menelaah  struktur, kebahasaan, dan isi teks ulasan (film, cerpen,
puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan diperdengarkan.
       menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar dengan menarik.
       menulis tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan dengan memperhatikan struktur, dan aspek kebahasaan secara objektif.



Proses Pembelajaran




·      Guru mengingatkan kembali informasi tentang teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan didengar ketika duduk di kelas sebelumnya.
·      Guru membimbing siswa untuk memahami teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan didengar.
·      Guru dan siswa bersama memahami struktur bahasa teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan didengar.
·      Guru menjelaskan ciri teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan didengar.
·      Guru dan siswa menelaah teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca dan didengar.
·      Siswa berlatih membuat teks ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah).
·      Tugas akhir adalah menulis tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan dengan memperhatikan struktur, dan aspek kebahasaan secara objektif. Panduan penilaian mandiri dijelaskan guru.

Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

No comments:

Post a Comment