Saturday 21 July 2018

BAB 2 Teks Iklan, Slogan, dan Poster


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.3  Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.3  Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4  Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis



Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
       mengidentifikasi unsur teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dengan benar.
       menelaah pola penyajian, dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dengan tepat.
       menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster yang dibaca dan didengar dengan lengkap.
       menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster dengan memperhatikan kreativitas penyajian dan penggunaan bahasa secara efektif

Proses Pembelajaran

·      Guru menjelaskan tujuan dan fungsi teks iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulisan.

·      Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks iklan, slogan, atau poster agar siswa menyadari manfaat praktis dalam kehidupan sehari-hari.
·      Guru dan siswa bersama memahami struktur retorika teks iklan, slogan, atau poster.
·      Guru menjelaskan ciri khas kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster. Penjelasan dan latihan penggunaan kosakata emotif dan bahasa figuratif untuk menimbulkan perasaan dan latihan tata bahasa (kohesi koherensi) untuk menunjang kompetensi teks iklan, slogan, atau poster sangat dianjurkan.
·      Guru dan siswa membahas informasi tentang teks iklan, slogan,
atau poster.
·      Guru membimbing siswa menelaah model teks iklan, slogan, atau poster.
·      Siswa diminta menceritakan kembali isi iklan, slogan, atau poster yang dimuat media cetak dan media elektronik dengan guru membimbing.
·      Tugas akhir adalah menyajikan informasi, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster dengan memperhatikan kreativitas penyajian dan penggunaan bahasa secara efektif.

No comments:

Post a Comment