Sunday 22 July 2018

BAB 5 Teks Eksplanasi


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.9   Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.9  Meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca
3.10 Menelaah teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca
4.10 Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan


Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
       mengidentifikasi teks ekplanasi yang berupa paparan kejadian fenomena alam/sosial yang diperdengarkan atau dibaca dengan lengkap.
       menelaah isi teks ekplanasi paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan tepat.
       meringkas isi teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca dengan lengkap.
       menyajikan informasi, suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan dengan menarik.

Proses Pembelajaran



·      Guru mengingatkan kembali informasi tentang teks eksplanasi yang pernah dibaca dan didengar.

·      Guru dan siswa bersama memahami karakteristik teks eksplanasi yang dibaca dan didengar.
·      Guru menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi yang dibaca dan didengar.
·      Guru dan siswa membahas struktur kebahasaan teks eksplanasi yang dibaca dan didengar.
·      Guru dan siswa menelaah teks eksplanasi yang dibaca dan didengar. Ini bentuk teks tanggapan secara tulis.
·      Siswa meringkas teks eksplanasi dengan bahasa sendiri.
·      Tugas akhir adalah menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan dengan menarik.

Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

No comments:

Post a Comment