Sunday 22 July 2018

BAB 8 Bermain Drama


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)


KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah
4.15 Menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar
3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah



Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
       mengidentifikasi  unsur-unsur  drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah dengan tepat.
       menelaah karakteristik dan kaidah kebahasaan dalam teks drama
yang berbentuk naskah atau pentas dengan benar.
       menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar baik.
       menulis drama dengan memperhatikan kaidah penulisan drama dan orisinalitas ide dengan sistematis.
         mementaskan drama sesuai naskah yang ditulis.



Proses Pembelajaran

·      Babini dapat dijadikan materipembelajaran khusus.Intipembelajaran bab ini adalah mengasah kemampuan bermain drama.
·      Guru dan siswa bersama memahami struktur retorika teks drama buku.
·      Guru menjelaskan ciri khas teks drama dibandingkan karya fiksi
lainnya.
·      Guru dan siswa menginterpretasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/didengar.
·      Siswa menyampaikan hasil interpretasi drama secara lisan dan tulisan.
·      Tugas akhir adalah menulis teks drama dengan memperhatikan kaidah penulisan drama dan orisinalitas ide dengan cermat.
·      Siswa mementaskan drama berdasarkan naskah yang ditulis.

1 comment:

  1. Nama:Jordi bayu pakiding
    Kelas:8C
    Absen:16
    Materi yg dibaca : BAB 8 Bermain drama

    ReplyDelete