Sunday 22 July 2018

BAB 3 Teks Eksposisi


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.5  Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca
4.5  Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang didengar dan dibaca
3.6   Mengidentifikasi struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan dalam teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/ atau keragaman budaya, dll) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6  Menyajikan gagasan dan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan




Proses Pembelajaran

·      Guru menjelaskan tujuan dan fungsi teks eksposisi dalam kehidupan sehari-hari.
·      Guru dan siswa bersama memahami struktur retorika teks eksposisi.
·      Guru menjelaskan ciri khas kebahasaan teks eksposisi, khususnya kalimat aktif dan kalimat pasif.
·      Guru dan siswa membahas informasi tentang teks eksposisi.
·      Guru membimbing siswa menelaah model teks eksposisi.
·      Siswa ditugaskan menelaah teks eksposisi.
·      Siswa menyajikan data dan rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks eksposisi tentang lingkungannya dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
·      Tugas akhir adalah menyajikan gagasan/pendapat dalam bentuk teks eksposisi artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan aspek lisan sesuai tema atau memilih sendiri. Hati-hati jika siswa hanya mengunduh dari internet. Lebih bagus jika siswa membuat rencana dan disetujui oleh guru.

Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

No comments:

Post a Comment