Sunday 22 July 2018

BAB 7 Teks Persuasi


Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

KOMPETENSI INTI 3
KOMPETENSI INTI 4
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba dan menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan,
arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup,
kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar  dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara
tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan



Tujuan Pembelajaran:
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
       mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dengan tepat.
       menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca dengan benar.
       menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dengan lengkap.
Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara   tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan dengan sistematis.

Proses Pembelajaran




·      Guru mengingatkan kembali informasi tentang teks persuasi yang berisi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan.
·      Guru dan siswa bersama memahami struktur teks persuasi yang berisi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan.
·      Guru menjelaskan cara menyusun teks teks persuasi yang berisi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan.
·      Guru dan siswa menelaah perbedaan teks persuasi yang berisi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan.
·      Siswa diminta menyimpulkan perbedaan teks persuasi yang berisi isi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan.
·      Siswa berlatih membuat teks persuasi yang berisi isi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan dengan mempertimbangkan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
·      Tugas akhir adalah menyajikan teks persuasi yang berisi isi saran, ajakan, arahan, atau pertimbangan secara lisan dan tulisan dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.

Sumber: Bahasa Indonesia : buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.


No comments:

Post a Comment