10. Sekolah/madrasah mengembangkan silabus yang memuat komponen:
(1) identitas mata pelajaran, (2) identitas sekolah/madrasah, (3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, (9) sumber belajar.
- A. Memuat 9 komponen dalam silabus
- B. Memuat 8 komponen dalam silabus
- C. Memuat 7 komponen dalam silabus
- D. Memuat 6 komponen dalam silabus
- E. Memuat kurang dari 6 komponen dalam silabus
- A. 100% mata pelajaran
- B. 95%-99% mata pelajaran
- C. 90%-94% mata pelajaran
- D. 85%-89% mata pelajaran
- E. Kurang dari 85% mata pelajaran
(3) beban belajar per semester, (4) beban belajar per tahun pelajaran.
- A. Sesuai 4 ketentuan
- B. Sesuai 3 ketentuan
- C. Sesuai 2 ketentuan
- D. Sesuai 1 ketentuan
- E. Tidak ada yang sesuai ketentuan
- A. Jumlah siswa per rombongan belajar maksimum 32 orang.
- B. Jumlah siswa per rombongan belajar sebanyak 33-34 orang.
- C. Jumlah siswa per rombongan belajar sebanyak 35-36 orang.
- D. Jumlah siswa per rombongan belajar sebanyak 37-38 orang.
- E. Jumlah siswa per rombongan belajar lebih dari 39 orang.
- A. 100% menggunakan buku teks
- B. 95%-99% menggunakan buku teks
- C. 90%-94% menggunakan buku teks
- D. 85%-89% menggunakan buku teks
- E. Kurang dari 85% menggunakan buku teks
- A. Melakukan 12 kriteria
- B. Melakukan 10-11 kriteria
- C. Melakukan 8-9 kriteria
- D. Melakukan 6-7 kriteria
- E. Melakukan kurang dari 6 kriteria
16. Guru memulai pembelajaran dengan 5 langkah pendahuluan berikut: (1) menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran,
(2) memberi motivasi belajar siswa, (3) mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, (4) menjelaskan tujuan pembelajaran, (5) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
- A. 91%-100% guru melakukan 5 langkah pendahuluan
- B. 81%-90% guru melakukan 5 langkah pendahuluan
- C. 71%-80% guru melakukan 5 langkah pendahuluan
- D. 61%-70% guru melakukan 5 langkah pendahuluan
- E. Kurang dari 61% guru melakukan 5 langkah pendahuluan
17. Guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru menggunakan model yang sesuai
- B. 81%-90% guru menggunakan model yang sesuai
- C. 71%-80% guru menggunakan model yang sesuai
- D. 61%-70% guru menggunakan model yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru menggunakan model yang sesuai
- A. 91%-100% guru menggunakan metode yang sesuai
- B. 81%-90% guru menggunakan metode yang sesuai
- C. 71%-80% guru menggunakan metode yang sesuai
- D. 61%-70% guru menggunakan metode yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru menggunakan metode yang sesuai
19. Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru menggunakan media yang sesuai
- B. 81%-90% guru menggunakan media yang sesuai
- C. 71%-80% guru menggunakan media yang sesuai
- D. 61%-70% guru menggunakan media yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru menggunakan media yang sesuai
20. Guru menggunakan sumber belajar yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru menggunakan sumber belajar yang sesuai
- B. 81%-90% guru menggunakan sumber belajar yang sesuai
- C. 71%-80% guru menggunakan sumber belajar yang sesuai
- D. 61%-70% guru menggunakan sumber belajar yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru menggunakan sumber belajar yang sesuai
21. Guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.
- A. 91%-100% guru menggunakan pendekatan yang sesuai
- B. 81%-90% guru menggunakan pendekatan yang sesuai
- C. 71%-80% guru menggunakan pendekatan yang sesuai
- D. 61%-70% guru menggunakan pendekatan yang sesuai
- E. Kurang dari 61% guru menggunakan pendekatan yang sesuai
22. Guru bersama siswa mengakhiri pembelajaran dengan langkah penutup berikut: (1) mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran, (2) memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, (3) melakukan kegiatan tindak lanjut, (4) menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya.
- A. 91%-100% guru melakukan 4 langkah penutup
- B. 81%-90% guru melakukan 4 langkah penutup
- C. 71%-80% guru melakukan 4 langkah penutup
- D. 61%-70% guru melakukan 4 langkah penutup
- E. Kurang dari 61% guru melakukan 4 langkah penutup
23 Guru menggunakan pendekatan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran.
- A. 91%-100% guru menggunakan pendekatan penilaian otentik
- B. 81%-90% guru menggunakan pendekatan penilaian otentik
- C. 71%-80% guru menggunakan pendekatan penilaian otentik
- D. 61%-70% guru menggunakan pendekatan penilaian otentik
- E. Kurang dari 61% guru menggunakan pendekatan penilaian otentik
24. Guru memanfaatkan hasil penilaian otentik untuk merencanakan program:
(1) remedial, (2) pengayaan (3) pelayanan konseling, (4) perbaikan proses pembelajaran.
- A. 91%-100% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- B. 81%-90% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- C. 71%-80% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- D. 61%-70% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
- E. Kurang dari 61% guru memanfaatkan untuk 4 kegiatan
25. Kepala sekolah/madrasah melakukan pengawasan proses pembelajaran dengan objektif dan transparan guna peningkatan mutu secara berkelanjutan.
- A. Dilakukan secara objektif dan transparan, dan digunakan untuk peningkatan mutu
- B. Dilakukan secara objektif dan transparan, tetapi tidak digunakan untuk peningkatan mutu
- C. Dilakukan secara objektif dan tertutup, dan tidak digunakan untuk peningkatan mutu
- D. Dilakukan secara subjektif dan tertutup, dan tidak digunakan untuk peningkatan mutu
- E. Tidak melakukan pengawasan
26. Kepala sekolah/madrasah melakukan supervisi proses pembelajaran terhadap seluruh guru setiap tahun.
- A. Menyupervisi 91%-100% guru
- B. Menyupervisi 81%-90% guru
- C. Menyupervisi 71%-80% guru
- D. Menyupervisi 61%-70% guru
- E. Menyupervisi kurang dari 61% guru
27. Kepala sekolah/madrasah memantau proses pembelajaran melalui:
(1) diskusi kelompok terfokus, (2) pengamatan, (3) pencatatan, (4) perekaman, (5) wawancara, (6) pendokumentasian.
- A. Melalui 5 atau lebih cara pemantauan
- B. Melalui 4 cara pemantauan
- C. Melalui 3 cara pemantauan
- D. Melalui 2 cara pemantauan
- E. Kurang dari 2 cara pemantauan
28. Kepala sekolah/madrasah menindaklanjuti hasil supervisi proses pembelajaran dengan cara: (1) pemberian contoh, (2) diskusi, (3) konsultasi, (4) pelatihan.
- A. Menindaklanjuti dengan 4 cara
- B. Menindaklanjuti dengan 3 cara
- C. Menindaklanjuti dengan 2 cara
- D. Menindaklanjuti dengan 1 cara
- E. Tidak menindaklanjuti
29. Kepala sekolah/madrasah menyusun: (1) laporan pemantauan, (2) laporan supervisi, (3) laporan evaluasi proses pembelajaran, (4) program tindak lanjut.
- A. Menyusun laporan 3 kegiatan dan program tindak lanjut
- B. Menyusun laporan 3 kegiatan dan tidak merencanakan program tindak lanjut
- C. Menyusun laporan 2 kegiatan
- D. Menyusun laporan 1 kegiatan.
- E. Tidak menyusun laporan kegiatan
30. Kepala sekolah/madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran, minimal 1 tahun terakhir.
- A. Menindaklanjuti 91%-100% hasil pengawasan
- B. Menindaklanjuti 81%-90% hasil pengawasan
- C. Menindaklanjuti 71%-80% hasil pengawasan
- D. Menindaklanjuti 61%-70% hasil pengawasan
- E. Menindaklanjuti kurang dari 61% hasil pengawasan
No comments:
Post a Comment