Friday 3 August 2018

Instrumen Akreditasi SMP/MTs - 2017 STANDAR PENILAIAN

Instrumen Akreditasi SMP/MTs  Berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Tahun 2017 pada Standar Penilaian sebagai berikut:

112. Guru melaksanakan penilaian hasil belajar siswa berdasarkan 6 prinsip penilaian: (1) sahih, (2) objektif, (3) adil, (4) terbuka, (5) holistik, (6) akuntabel.
  • A.   91%-100% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • B.   81%-90% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • C.  71%-80% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • D.  61%-70% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
  • E.   Kurang dari 61% guru menerapkan 6 prinsip penilaian
113. Sekolah/madrasah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) seluruh mata pelajaran dengan mempertimbangkan: (1) karakteristik siswa, (2) karakteristik mata pelajaran, (3) kondisi satuan pendidikan, (4) analisis hasil penilaian.
  • A.   91%-100% KKM sesuai ketentuan
  • B.   81%-90% KKM sesuai ketentuan
  • C.   71%-80% KKM sesuai ketentuan
  • D.   61%-70% KKM sesuai ketentuan
  • E.   Kurang dari 61% KKM sesuai ketentuan
114. Guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, (3) penugasan, dan/atau (4) bentuk lain yang diperlukan.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • B.   81%-90% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • C.   71%-80% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • D.   61%-70% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilaian
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan minimal 3 bentuk penilain
115. Guru menggunakan hasil penilaian kompetensi pengetahuan yang dilakukan untuk: (1) memperbaiki proses pembelajaran, (2) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi siswa, (3) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas. 
  • A. 91%-100% guru menggunakan hasil penilaian untuk tiga hal tersebut.
  • B. 81%-90% guru menggunakan hasil penilaian untuk tiga hal tersebut.
  • C. 71%-80% guru menggunakan hasil penilaian untuk tiga hal tersebut.
  • D. 61%-70% guru menggunakan hasil penilaian untuk tiga hal tersebut.
  • E. Kurang dari 61% guru menggunakan hasil penilaian untuk tiga hal tersebut.
116. Guru melaksanakan penilaian kompetensi sikap sesuai karakteristik Kompetensi Dasar (KD).
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
117. Guru melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan sesuai karakteristik KD.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
118. Guru melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan sesuai karakteristik KD.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
119. Guru melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan. 
  • A.   91%-100% guru melaksanakan
  • B.   81%-90% guru melaksanakan
  • C.   71%-80% guru melaksanakan
  • D.   61%-70% guru melaksanakan
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan
120.Guru melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan dengan menggunakan 3 jenis tes: (1) tes tulis, (2) tes lisan, (3) penugasan.
  • A.   91%-100% guru menggunakan 3 jenis tes
  • B.   81%-90% guru menggunakan 3 jenis tes
  • C.   71%-80% guru menggunakan 3 jenis tes
  • D.   61%-70% guru menggunakan 3 jenis tes
  • E.   Kurang dari 61% guru menggunakan 3 jenis tes
121. Guru melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan menggunakan: tes praktik, (2) penilaian produk, (3) penilaian proyek, (4) penilaian portofolio, (5) teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
  • A.   91%-100% guru menggunakan 4 jenis atau lebih
  • B.   81%-90% guru menggunakan 4 jenis
  • C.   71%-80% guru menggunakan 4 jenis
  • D.   61%-70% guru menggunakan 4 jenis
  • E.  Kurang dari 61% guru menggunakan 4 jenis
122. Sekolah/madrasah melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: penilaian harian, (2) penilaian akhir semester, (3) penilaian akhir tahun, (4) ujian sekolah/madrasah.
  • A.   Melaksanakan 4 bentuk penilaian
  • B.   Melaksanakan 3 bentuk penilaian
  • C.   Melaksanakan 2 bentuk penilaian
  • D.   Melaksanakan 1 bentuk penilaian
  • E.   Tidak melaksanakan penilaian
123. Sekolah/madrasah menentukan kelulusan siswa dengan mempertimbangkan hasil: (1) ujian sekolah/madrasah, (2) penilaian sikap, (3) penilaian pengetahuan, (4) penilaian keterampilan. 
  • A.   Mempertimbangkan 4 hasil penilaian
  • B.   Mempertimbangkan 3 hasil penilaian
  • C.   Mempertimbangkan 2 hasil penilaian
  • D.   Mempertimbangkan 1 hasil penilaian
  • E.   Tidak mempertimbangkan hasil penilaian
124. Guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar dengan 8 langkah: menetapkan tujuan penilaian; (2) menyusun kisi-kisi ujian, (3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian, (4) melakukan analisis kualitas instrument, (5) melaksanakan penilaian, (6) mengolah dan menentukan kelulusan siswa, (7) melaporkan, (8) memanfaatkan hasil penilaian.
  • A.   91%-100% guru melaksanakan 8 langkah
  • B.   81%-90% guru melaksanakan 8 langkah
  • C.   71%-80% guru melaksanakan 8 langkah
  • D.   61%-70% guru melaksanakan 8 langkah
  • E.   Kurang dari 61% guru melaksanakan 8 langkah

No comments:

Post a Comment